Suara unik burung meninting besar

Burung Meninting Besar atau white-crowned forktail (Enicurus leschenaulti) atau dalam bahasa lokalnya ada yang menyebutnya dengan Kacer Air ini merupakan spesies burung pengicau dari keluarga Muscicapidae dalam genus Enicurus yang masih satu kerabat dengan Meninting Cegar (Chestnut-naped Forktail) dan  Meninting kecil (Sunda forktail). Tampilan warna bulunya sekilas mirip dengan burung kacer,yaitu dengan kombinasi warna hitam dan putih menyelimuti tubuhnya namun ekor lebih panjang dan melengkung kebawah.
Suara unik burung meninting besar
https://ayuwat.files.wordpress.com
Burung ini berukuran sedang,sekitar 25 cm panjang, warna hitam dan putih sebagai warna utama. Dahi dan mahkota depan berwarna putih (kadang-kadang membentuk jambul),sisi bagian kepala, tengkuk, dan dada hitam, perut, punggung bawah, dan tunggir putih,sayap hitam bergaris putih, bulu ekor menggarpu kecuali ujung putih pada bulunya yang sangat panjang bertahap-tahap. Iris coklat, paruh hitam,  dan kaki kemerahjambuan.

Habitat dan wilayah perkembangbiakan burung ini dapat dijumpai di Bangladesh, Bhutan, Brunei, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand dan juga Vietnam . Habitat aslinya menghuni hutan-hutan tropis maupun sub tropis,hutan dataran rendah dan hutan pegunungan. Kebiasaannya berada di tempat tempat berair atau di tepi sungai.

Terdiri dari 6 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda-beda,diantaranya adalah:
  1. indicus (Hartert, 1909) – Terdapat di Himalaya bagian timur sampai Myanmar, China selatan (Yunnan), Thailand dan Indochina. 
  2. sinensis (Gould, 1866)- China selatan dan timur termasuk Hainan. 
  3. frontalis (Blyth, 1847)- Semenanjung Malaysia bagian tengah dan selatan, Sumatra, Nias, dan dataran rendah Kalimantan.
  4. borneensis (Sharpe, 1889) – dataran tinggi Kalimantan. 
  5. chaseni (Meyer de Schauensee, 1940)– P. Batu Is, barat Sumatera 
  6. leschenaulti (Vieillot, 1818) – Jawa dan Bali.
Suara burung ini cukup keras, melengking, bergetar, terdenganr sangat tajam dengan nada “tsii-iiit” seperti peluit atau terkadang berbunyi seperti mic yang didekatkan dengan speaker berbunyi "ngiing". Silahkan dengarkan audionya dibawah ini:
  1. Suara burung meninting besar
Semua jenis burung meninting mempunyai karakter suara yang hampir sama,monoton dan memekakkan telinga jika berada di dekatnya. Informasi tentang burung diatas dikutip dari kutilang.or.id,wikipedia dan hbw.com dengan sumber audio diambil dari youtube dengan editing oleh www.timkicau.com. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara unik burung meninting besar"
Back To Top