Burung Kinoi,Cucak Ijo Kecil Suara Tajam

Burung kinoi atau cucak kinoi yang juga dikenal dengan nama cucak ranti mas dalam bahasa lokalnya ini merupakan salah satu spesies burung daun atau leafbird yang di Indonesia populer disebut Cucak Ijo. Dalam bahasa Inggrisnya, burung ini disebut blue-masked leafbird (Chloropsis venusta) yang merupakan spesies burung terkecil dari keluarga Chloropseidae atau burung daun yang hanya memiliki ukuran panjang tubuhnya sekitar 14cm.

Burung ini merupakan spesies burung endemik Indonesia,tepatnya menghuni kawasan di Pulau Sumatera. Artinya burung ini tidak dapat dijumpai di negara manapun selain di Indonesia untuk habitat aslinya.
Burung Kinoi,Cucak Ijo Kecil Suara Tajam
img credited to flickr com

Tampilannya sekilas terlihat seperti cucak rante/ranting,namun pada warna bulu burung ini di bagian sayapnya tidak terdapat warna biru. Warna biru hanya terdapat pada wajah dan tenggorokan serta di bagian ekornya. Bagian dada berwarna kekuningan khas warna kuningnya bulu burung cucak ranting.

Suara burung ini cukup tajam berupa besetan-besetan pedas. Lebih mantap lagi jika dimasteri cucak jenggot maupun kapas tembak. Typical suaranya keras melengking sehingga sangat cocok untuk dijadikan burung masteran.

Berikut ini timkicau ada beberapa audio mp3 suara burung kinoi yang kami konversi dari video-video yang ada di youtube. Beberapa waktu lalu kami juga pernah mempublikasikan Suara burung Kinoi ini.Nah kali ini yang terbaru dan lebih bagus audionya,silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Cucak ranti mas
  2. Suara Cucak ranti mas
  3. Suara Cucak ranti mas
  4. Suara Cucak ranti mas
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Burung Kinoi,Cucak Ijo Kecil Suara Tajam"
Back To Top