Burung Madu Matari

Burung madu Matari (Cinnyris solaris) merupakan spesies burung dari keluarga Nectariniidae atau kalau dalam bahasa lokal lebih dikenal dengan (kolibri).Burung jenis ini sangat membantu dalam penyerbukan tanaman,jadi sangat disayangkan jika spesies burung ini banyak diburu dan jumlahnya di alam menyusut karena perburuan.

Burung madu yang satu ini berukuran kecil dengan ukuran panjang tubuhnya sekitar (11 cm). Burung Jantan memiliki warna bulu yang mengkilap dengan dahi, bercak-tenggorokan dan bercak-dada berwarna hijau biru mengkilap,bagian dada jingga tua.
Burung Madu Matari
flickr.com
Sedangkan pada burung Betina tampilannya mirip dengan burung betina (kolibri sriganti) Burung-madu sriganti, tetapi warna kuning pada tubuh bagian bawah-nya jauh lebih kusam. Ras exquisita memiliki berkas bulu pada perut jantan berwarna jingga, sedangkan tubuh bagian bawah betina kuning terang dan bukannya kuning-belerang.

Burung yang cukup mudah ditemui. Menghuni rumpun perdu, hutan monsun sekunder, tepi hutan, lahan budidaya dan taman-taman dekat kota. Dari permukaan laut sampai ketinggian 800 m di
Sumbawa, 1000 m di Flores , dan 720 m di Timor.

Burung ini merupaka burung Endemik di Nusa Tenggara. Terdiri dari 2 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  • solaris (Temminck, 1825) – Sunda Kecil (Sumbawa, Komodo, Flores, Lomblen, Alor, Atauro, Timor, Semau, Roti).
  • exquisitus E. J. O. Hartert, 1904 – P. Wetar.
Untuk suara kicaunya berikut ini ada satu file mp3 suara burung madu matari yang kami adopt dari situs recorder xeno-canto. Jadi suaranya masih standart di alam yang bisa kalian dengarkan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top