Cikrak kepala merah (cikrak mahkota coklat)

Burung cikrak kepala merah atau Cikrak mahkota-coklat yang dikenal dalam bahasa Inggrisnya chestnut-crowned warbler (Seicercus castaniceps) ini  adalah spesies burung pengicau dari keluarga leaf warbler (family Phylloscopidae). Burung ini memiliki wilayah penyebaran yang cukup luas,mulai dari Himalaya sampai Cina selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera .
Cikrak kepala merah (cikrak mahkota coklat)
img by http://orientalbirdimages.org/

Terdiri dari sembilan subspesies, dengan daerah persebaran:
  1. S. c. castaniceps (Hodgson, 1845), tersebar di India utara (Uttaranchal sampai Arunachal Pradesh, juga di perbukitan selatan Sungai Brahmaputra di Nagaland dan Manipur ), Nepal , Bhutan, China selatan (Xizang, Yunnan barat), Bangladesh (Chittagong Hill Tracts) dan Myanmar barat dan utara.
  2. S. c. sinensis (Rickett, 1898), tersebar di berbiak di China tengah dan selatan (Shaanxi sampai Sichuan dan Fujian), Laos utara dan Vietnam utara (Tonkin barat dan timur, Annam utara); di luar musim berbiak ke China tenggara (Guizhou selatan dan Yunnan tenggara ke timur sampai Fujian selatan, ke selatan sampai Guangxi dan Guangdong).
  3. S. c. laurentei (La Touche, 1922), tersebar di Yunnan tenggara (Mengzi) dan Guangxi selatan (Pegunungan Yaoshan), di ujung selatan China.
  4. S. c. collinsi (Deignan, 1943), tersebar di Myanmar timur dan Thailand timur laut. 
  5. S. c. stresemanni (Delacour, 1932), tersebar di Laos selatan (Bolovens) dan Kamboja barat daya (Pegunungan Cardamom).
  6. S. c. annamensis (Robinson dan Kloss, 1919), tersebar di Vietnam selatan-tengah (Langbian Plateau). 
  7. S. c. youngi (Robinson, 1915), tersebar di Semenanjung Thailand.
  8. S. c. butleri (E. J. O. Hartert, 1898), tersebar di pegunungan di Semenanjung Malaysia.
  9. S. c. muelleri (Robinson dan Kloss, 1916), tersebar di Sumatera.
Di habitat aslinya,burung ini biasa terlihat bergerak lincah di antara dedaunan pada tajuk rendah, saat mencari makan bersama dalam kelompok yang sering berbaur dengan berbagai jenis burung lain di daerah perbukitan pada rentang ketinggian antara 1200 hingga 1400 mdpl.

Memiliki ukuran tubuh yang mungil,yaitu sekitar (9 cm), berwarna hijau zaitun. Topi coklat-merah-karat dengan strip hitam pada sisi mahkota dan memotong mata yang berkacamata putih. Pipi abu-abu (garis sayap, sisi tubuh, dan tunggir) kuning, perut bagian tengah putih. Iris coklat, paruh bagian atas hitam, paruh bagian bawah pucat, kaki kemerahjambuan. Mirip dengan Cikrak muda, perbedaan terletak pada warna bulu pada bagian pipi dan dada yang abu-abu. 

Suara Kicauan bernada tinggi dan mengalun,namun tidak memiliki banyak vareasi lagu. Juga cicitan bernada ganda yang keras “ ci-ci” dan “ tsik ”.Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini merupakan suara asli di hutan yang tidak jernih.
Referensi penulisan dari BirdLife International (2012).
0 Komentar untuk "Cikrak kepala merah (cikrak mahkota coklat)"
Back To Top