Hooded pitohui (pitohui kepala hitam)

Burung Hooded Pitohui atau pitohui kepala hitam merupakan spesies burung pengicau asal Papua. Tampilan fisiknya mirip dengan burung Campo Troupial atau Campo Oriole yang terdapat di benua Amerika,namun paruhnya berbeda. Ada yang unik dari burung ini,bukan suara kicaunya, tapi kemampuannya dalam melindungi diri dari hewan predator lain.

Burung ini memiliki kemampuan melindungi diri yang ditakuti binatang predator lainnya karena memiliki racun yang terdapat pada bulu dan kulitnya.Racun yang dihasilkan dari burung ini adalah alkaloid neurotoksik dari jenis batrachotoxin menurut para peneliti, dimana racun ini sama pada katak beracun yang terdapat di Kolombia (Genus Phyllobates).
Hooded pitohui (pitohui kepala hitam)
img credited to http://ibc.lynxeds.com/
Zat-zat racun tersebut menyebar melalui jaringan kulit dan bulu- bulunya. Jika kita menyentuh burung tersebut maka tangan kita akan langsung merasa mati rasa, kesemutan, kulit terbakar dan juga bersin - bersin.Jadi harus berhati-hati dan tahu seluk beluk dan juga triknya jika memelihara burung beracun jenis Pitohui karena sekarang ini sudah cukup banyak burung-burung jenis pitohui yang diperdagangkan.

Burung ini memiliki ukuran Sedang sekitar (23 cm.), berbulu coklat-merah, dengan kepala, sayap, dan ekor berwarna hitam.Sangat mirip dengan kelompok ras “berkepala hitam” dari burung Pitohui belang, bedanya pada tunggir Pitohui kepala-hitam tidak berwarna hitam, dan ukurannya lebih kecil.

Suara burung ini lumayan bagus,keras dan berirama.Berikut ini kami ada 2 koleksi audio mp3 suara burung hooded pitohui,nomer satu merupakan suara burung hooded pitohui yang sudah dipelihara dan nomer 2 adalah suara pitohui di hutan.Tapi maaf untuk kwalitas audionya tidak bagus.
  1. Suara burung hooded pitohui
  2. Suara burung hooded pitohui
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
5 Komentar untuk "Hooded pitohui (pitohui kepala hitam)"
Back To Top