Suara Burung Cabai Gunung (toli-toli)

Burung Cabai gunung atau Toli-Toli yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Blood-breasted flowerpecker (Dicaeum sanguinolentum) adalah spesies burung dari keluarga Dicaeidae , dari genus Dicaeum. Di dalam bahasa lokal atau bahasa daerah masing-masing tempat di Indonesia, penyebutan nama untuk jenis burung cabai ini berbeda-beda, contohnya saja di magelang lebih dikenal sebagai burung talokan.
Suara Burung Cabai Gunung (toli-toli)
http://ibc.lynxeds.com/

Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah kecil, serangga, laba-laba dan memiliki habitat di hutan perbukitan, pegunungan, pinggir hutan. tersebar antara 800-2.400 m dpl.Habitat aslinya hanya ada di Indonesia.

Ciri-ciri burung Cabai gunung yaitu memiliki tubuh berukuran kecil,yaitu sekitar  (8 cm). Pada Burung jantan,tubuh bagian atasnya berwarna biru tua, perut dan tenggorokan kuning tua, dada merah padam dibatasi garis hitam yang tidak rapi. Sedangkan untuk Burung betina,tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun buram, tunggir merah padam. Tubuh bagian bawah kuning tua bercoret abu-abu zaitun. Iris biru atau coklat, paruh hitam, kaki abu-abu tua.

Suka terbang di antara puncak pohon, terutama pada benalu dan Viscum sp. Telur berwarna putih, jumlah 1-2 butir. Berbiak bulan Desember. Penyebaran Jawa, Bali, Sunda Kecil. Blood-breasted flowerpecker.Suara burung ini cukup khas dengan suara burung jenis cabe-cabean,yaitu berupa suara-suara tembakan kecil. Berikut ini kami ada 2 audio suara burung cabe gunung atau toli-toli. Suara nomer satu merupkan suara burung cabe gunung yang sudah di pelihara,sedangkan untuk audio yang nomer 2 merupakan suara asli di hutan.
  1. Download Mp3
  2. Download Mp3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
reff (kutilang.or.id) dengan sedikit penambahan riview oleh kami sendiri.
1 Komentar untuk "Suara Burung Cabai Gunung (toli-toli)"
Back To Top