Suara burung Kerakbasi besar

Burung kerak basi atau dalam bahasa lokal beberapa daerah di Indonesia ada yang menyebutnya dengan burung cikrok ini merupakan spesies burung pengicau dari keluarga Acrophidae. Burung jenis kerakbasi dipisahkan kedalam genus Acrocephalus. Ada 3 jenis burung kerakbasi atau reed warbler yang keberadaannya dapat dijumpai di negara kita. Pada artikel sebelumnya sudah kami tulis,yaitu 3 jenis burung kerakbasi yang terdapat di Indonesia.
Suara burung Kerakbasi besar
http://ibc.lynxeds.com/

Jika kemarin kami pernah memposting tentang kedua spesies kerakbasi beserta audionya yang terdapat di Indonesia, yaitu kerakbasi alis hitam dan kerakbasi ramai. Sekarang adalah kerakbasi Besar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Oriental reed warbler (Acrocephalus orientalis) yang juga memiliki suara yang bagus dengan typical suaranya yang khas,kasar dan agak bervareasi.

Sebenarnya burung ini bukan spesies asli Indonesia,ini merupakan jenis Burung migran yang berbiak di Asia timur. Namun pada saat musim dingin,burung ini akan bermigrasi atau mengembara ke selatan menuju Asia tenggara, Filipina, dan juga Indonesia. Jarang sampai Australia dan Pulau Papu.

Tempat hidup dan Kebiasaan burung ini Menyukai daerah rawa berbuluh, persawahan, payau, dan semak sekunder di dataran rendah.Postur tubuhnya sedang dengan panjang sekitar (18 cm), berwarna coklat dengan ekor memanjang, dan alis mata kuning-tua mencolok. Sulit dibedakan dengan Kerakbasi ramai. Perbedaan yang bisa terlihat: paruh lebih pendek dan tebal, sisi dada sedikit bercoretan, bulu primer terluar (yang ke-9) lebih panjang dari pada yang ke-6 (dapat diketahui jika burung tertangkap), mulut merah-jambu bukan kuning.

Suara Kadang berkicau seperti Kerakbasi ramai dengan lebih bervariasi ketimbang suara burung kerakbasi ramai.Silahkan dengarkan 2 suara kicau burung kerakbasi besar dibawah ini.
  1. Suara Burung Kerakbasi Besar
  2. Suara Burung Kerakbasi Besar
  3. Suara Burung Kerakbasi Besar
Sumber identifikasi tentang burung diatas dikutip dari situs wikipedia dan kutilang.or.id dengan sumber rekaman suara burung tersebut dari xeno-canto dan telah diedit oleh www.timkicau.com. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung Kerakbasi besar"
Back To Top