Suara Burung Picoplat

Burung picoplat atau Ranjan's Picoplat adalah penyebutan lokal dalam bahasa brazil terhadap burung mungil yang satu ini. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Slate Coloured Seedeater (Sporophila schistacea). Ini adalah jenis burung pengicau dari keluarga Tananger atau Thraupidae.
 Ranjan's Picoplat
http://ibc.lynxeds.com/

Habitat asli burung ini terdapat di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Menghuni kawasan yang beriklim tropis maupun sub tropis,dataran rendah dan hutan. Dapat dijumpai mulai dari Belize , Bolivia, Brazil, Colombia, Costa Rica, Ecuador,French Guiana, Guyana, Honduras, Mexico, Panama, Peru, Suriname, Trinidad dan Tobago serta Venezuela.

Ukuran burung ini kecil,sekitar 10-11cm dan berwarna abu-abu gelap di bagian atas tubuhnya termasuk sayap,punggung dan ekor.Bagian kepala kehitaman,paruh kuning muda dan bagian bawahnya putih keabu-abuan. Paruh pendek dan tebal. Burung ini tidak begitu banyak yang memelihara di daerah dimana banyak terdapat spesies burung ini.

Seperti contoh di Brazil dan juga suriname yang biasanya banyak orang memelihara burung. Masih kalah populer dengan burung Towa-towa,piculet maupun curio. Untuk suara burung ini memang tidak sebagus curio maupun towa-towa,tapi lumayanlah untuk di dengar. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara burung Picoplat v1
  2. Suara burung Picoplat v2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
7 Komentar untuk "Suara Burung Picoplat"
Back To Top