Suara Burung Sikatan Kepala Abu

Sikatan Kepala -abu atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Grey-headed Flycatcher (Culicicapa ceylonensis) ini adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Culicicapa. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kumbang, lebah, lalat, kupu, serangga kecil dan memiliki habitat di hutan, hutan dataran rendah, hutan pegunungan. tersebar sampai ketinggain 2.200 m dpl.
Suara Burung Sikatan Kepala Abu
flickr.com

Ciri-ciri Sikatan kepala-abu memiliki Tubuh berukuran kecil sekitar 12 cm. Sesuai dengan namanya yaitu "grey headed",burung ini memikiki warna yang khas di bagian kepala dan dadanya abu-abu. Sedikit berjambul, Tubuh bagian atas berwarna zaitun. Tubuh bagian bawah kuning. Iris coklat, paruh atas hitam, paruh bawah abu-abu, kaki coklat kekuningan. Aktif dan ribut, terbang dari cabang ke cabang. Memburu serangga yang terbang. Secara teratur membuka-buka ekor seperti burung jenis sikatan pada umumnya. Biasanya hidup pada tajuk tengah atau bawah. Sering bergabung dalam kelompok campuran.

Terdapat lima ras atau sub spesies dengan persebaran sebagai berikut:
  • calochrysea (Oberholser, 1923): Himalaya dari Pakistan utara (Perbukitan Murree) dan Kashmir ke timur sampai India bagian timur- laut, tengah, dan timur bagian tengah, Bangladesh, Cina tengah dan selatan, Myanmar (kecuali Tenasserim selatan), Thailand (kecuali bagian selatan dan barat-daya) dan Indochina bagian utara dan tengah; saat musim dingin bermigrasi menuju Pakistan bagian tengah dan selatan (Lembah Indus) melalui daratan India tengah dan utara sampai ke Cina bagian selatan dan Indochina.
  • ceylonensis (Swainson, 1820): India barat- daya dan Sri Lanka. 
  • antioxantha (Oberholser, 1923): Myanmar selatan (Tenasserim selatan), Thailand selatan dan barat-daya, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.
  • sejuncta (E. J. O. Hartert, 1897): Sumbawa, Flores dan Lomblen, di Sunda kecil. 
  • connectens (Rensch, 1931): Sumba, di Sunda kecil.
Suara burung ini berupa suara Siulan lembut, jelas, terdengar seperti kata “ci-ti, ci-ti ” dengan penekanan pada suku pertama, atau “ piit-wit, wi-dii ” dengan penekanan pada nada terakhir, juga suara bergetar “cirri ”. Selain itu juga memiliki suara tembakan yang cukup rapat,tipikal suara tembakannya seperti suara Cucak jenggot dengan speed yang rapat.

Berikut ini kami ada 3 audio suara burung sikatan kepala abu. 1 suara kicauannya dan 2 lagi suara tembakan untuk masteran.
  1. Suara sikatan kepala abu call
  2. Suara sikatan kepala abu call v2
  3. Suara sikatan kepala abu song
Sumber identifikasi burung diatas dikutip dari wikipedia dan kutilang.or.id dengan sumber audio rekaman dari xeno-canto. Suara burung diatas merupakan suara dari spesies sikatan kepala abu dari berbagai negara yang mungkin akan berbeda dengan suara sikatan kepala abu yang terdapat di Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara Burung Sikatan Kepala Abu"
Back To Top