Suara Sikatan Jawa atau Kipasan Belang Gacor

Burung Sikatan Jawa atau ada yang menyebutnya dengan Burung Kipasan/kapasan karena pola ekornya yang berbentuk mirip seperti kipas yang selalu dibuka ketika berkicau. Dalam bahasa Nasional Indonesianya disebut dengan Burung Kipasan Belang. Burung ini adalah spesies burung dari keluarga Rhipiduridae, dari genus Rhipidura dan merupakan jenis burung pemakan serangga.
Suara Sikatan Jawa Gacor
flickr.com

Habitat asli burung ini dapat dijumpai di daerah terbuka, hutan sekunder, hutan mangrove maupun di pekarangan atau di perkampunyan yang tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Ciri-ciri burung Kipasan belang adalah memiliki tubuh berukuran sedang sekitar 19 cm. Pada burung yang berusia Dewasa,tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu jelaga atau kehitaman. Alis, dagu, dan tenggorokan putih. Garis hitam khas di bagian dada. Tubuh bagian bawah putih. Ujung bulu ekor putih lebar. Untuk burung yang usianya remaja,dibagian tunggir dan penutup ekor atas berwarna kemerahan. Pita dada kurang terlihat. Iris coklat, paruh hitam dan kaki hitam.

Sifat burung ini sangat aktif aktif bergerak dan sangat lincah,berpindah dari satu tenggeran ke yang lain. Selain itu juga,sifat burung ini juga mudah marah jika sedang berkembangbiak. Mentalnya tinggi dan akan menyerang binatang lain yang coba melewati sekitar sarangnya.

Jika diwaktu biasa,burung ini kadang terlihat sendirian, berpasangan maupun kelompok kecil (biasanya induk dan anak). Kadang bergabung dalam kelompok campuran. Sarangnya berbentuk cawan, dari tumbuhan halus direkatkan dengan jaring lab-laba, pada dahan ramping atau tumbuhan merambat, dekat permukaan tanah. Telur berwarna kuning tua,berbintik abu-abu, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Maret-Mei, April-Juni.

Meski memiliki nama ilmiah dibelakangnya Javanica,burung ini bukan merupakan spesies burung endemik pulau jawa,terapi juga terdapat di Sumatera, Kalimantan, Bali dan juga Lombok. Selain itu juga dapat dijumpai di negara tetangga seperti Semenanjung Malaysia dan juga Filipina.Suara burung ini cukup keras dan tajam,suaranya sangat khas dan mudah dikenali. Biasanya riuh menjelang malam. Berikut ini ada 2 koleksi mp3 suara burung kipasan belang atau srikatan jawa. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung kipasan belang v1
  2. Suara burung kipasan belang v2
  3. Suara burung kipasan belang v lama
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Refferensi identifikasi burung kapasan belang diatas dari wikipedia dengan sumber suara burung dari youtube
1 Komentar untuk "Suara Sikatan Jawa atau Kipasan Belang Gacor"
Back To Top