TUI,si burung pintar dari new zealand

Burung tui (Prosthemadera novaeseelandiae) atau yang juga dikenal sebagai parson bird ini merupakan spesies burung dari keluarga Meliphagidae dan dikelompokkan dalam Genus: Prosthemadera (G.R. Gray , 1840). Memiliki warna bulu yang cantik dan hanya terdapat di kawasan Selandia baru saja. Jika ditelusuri lebih dalam,spesies ini masih satu kerabat dengan burung cucak kombo.

Burung tui termasuk jenis burung yang cerdas,mirip seperti burung beo. Karena burung ini juga bisa menirukan suara manusia dengan baik sebagaimana burung beo.Meski demikian burung tui terkenal dengan sifatnya yang berisik dimana kawanan burung tui bisa mengeluarkan berbagai jenis suara yang berbeda-beda. Suara asli burung tui sangat bervariasi sekali, ada yang terdengar seperti suara derit, suara kayu patah, suara rintihan ataupun suara burung yang pernah didengar sebelumnya.
TUI,si burung pintar dari new zealand

Burung tui mempunyai dua larynx (voicebox) dan hal inilah yang membuat burung tui bisa mengeluarkan berbagai macam variasi suara. Burung tui mempunyai beberapa keunikan yang tidak bisa ditemukan pada jenis burung lain misalnya terbang vertikal sambil kawin dan menyuarakan celotehan percakapan orang untuk mengusir musuh atau menakuti lawan.Selain itu juga sering berceloteh atau bernyanyi di malam hari terutama jika bulan purnama tiba.

Yang unik dari Burung tui adalah suka mengintimidasi musuh dengan mengembangkan bulu tubuh supaya terlihat lebih besar.Burung tui jantan dikenal sangat agresif dengan mengejar semua burung lainnya (besar dan kecil) jika berani masuk ke wilayahnya. Burung ini akan mengejar sambil mengepak-ngepakkan sayap dan bersuara keras mirip percakapan manusia. Anda bisa melihat aksinya sendiri burung tui di youtube dengan menuliskan judul"tui bird singing" ataupun "Tui Talking" maka nanti akan muncul banyak video burung tui.

Nah berikut ini kami ada 2 koleksi suara burung tui asli di hutan,bukan burung tui yang sudah pandai berkata bahasa manusia.Suaranya riuh meski hanya satu burung,seakan-akan memiliki efek di tenggorokannya. Silahkan dengarkan suaranya dibawah ini.
  1. Suara burung Tui
  2. Suara burung Tui (riuh bercampur burung lain)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "TUI,si burung pintar dari new zealand"
Back To Top