Burung Wergan Jawa

Berbicara tentang wergan,ada satu binatang dalam keluarga mamalia di pulau jawa yang disebut dengan wergan,namun untuk wergan yang satu ini merupakan jenis burung atau Aves. Burung wergan jawa atau Javan fulvetta (Alcippe pyrrhoptera) adalah spesies burung pengicau berukuran kecil dari keluarga Pellorneidae.Burung ini merupakan spesies burung endemik Indonesia. Penyebaran-nya terbatas hanya dapat dijumpai di pulau Jawa bagian barat dan tengah.
Burung Wergan Jawa
http://ibc.lynxeds.com/
Habitat asli burung ini sangat terbatas keberadaannya di Jawa bagian barat, tercatat ke timur sampai Gunung Merapi di Jawa Tengah, ditemukan hanya di gunung yang lebih tinggi dari 1.000 meter. Kadang-kadang secara lokal sangat umum. Hidup dalam kelompok kecil, di hutan dan pinggir hutan, jarang berbaur dengan jenis burung lain.

Berdasarkan bentuk paruhnya,makanan burung ini adalah serangga dan mungkin juga memakan beberapa jenis buah. Waktu bersarang tercatat setiap bulan kecuali September dengan puncaknya pada bulan April sampai Juni. Telur dua butir berwarna merah jambu pucat dengan coretan dan bintik merah. Sarang berbentuk cawan tidak rapat dan menempel pada cabang horizontal tidak jauh dari permukaan tanah.

Ukuran burung ini kecil sekitar 14 cm, berwarna coklat kemerahan. Tubuh bagian atas merah karat, terdapat warna sedikit keabu-abuan pada kepala. Tunggir dan penutup ekor atas merah karat; dagu dan tenggorokan putih abu-abu, tersapu kuning tua. Dada dan perut kuning tua, keputih-putihan pada bagian tengah, kuning kecoklatan pada sisi lambung dan penutup ekor bawah. Iris coklat, paruh coklat, kaki coklat.(kutilang.or.id)

Suara Panggilan resik yang agak keras dan melodius “ci-ci-ci-ciwiwit” atau “buu-ray-ciy-cit”.Untuk file mp3-nya mohon maaf kami belum mendapatkan audio dengan kwalitas yang baik.
  1. Suara Burung Wergan Jawa
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania,
1 Komentar untuk "Burung Wergan Jawa "
Back To Top