Tips Merawat Anakan Burung Srigunting

Merawat anakan burung srigunting maupun jenis burung dari keluarga Drongo lainnya memang agak sulit. Burung ini cukup sensitif dalam lingkungan maupun makanannya. Jika belum pernah merawat atau meloloh burung ini sebelumnya,kita harus mempelajari beberapa faktor yang dapat mengakibatkan si burung srigunting anakan ini mati. Burung yang masih anakan atau yang masih loloh mempunyai daya tahan tubuh yang lebih lemah dibanding dengan burung yang sudah bisa makan sendiri.
Tips Merawat Anakan Burung Srigunting

Meloloh anakan burung srigunting biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sampai burung bisa makan sendiri.Lebih mudah memelihara anakan burung kacer dibanding anakan burung srigunting menurut saya pribadi,dan mungkin berbeda dengan Anda yang sudah terbiasa menanganinya. Burung srigunting adalah burung pemakan serangga,ada yang bilang jika tanpa dikasih serangga atau telat memberi makan serangga dapat mengakibatkan burung ini mati.

Beberapa orang yang memiliki burung jenis ini bahkan ada yang tidak memberinya makan voer atau memberikannya full serangga seperti jangkrik,ulat hongkong maupun kroto. Tapi ada juga yang tanpa memberinya serangga karena sudah dibiasakan sejak burung masih kecil atau pelihara dari lolohan. Semua tergantung dari kemampuan masing-masing dan pendapat masing-masing yang tentunya akan berbeda persepsi,namun alangkah lebih baiknya jika si burung ini selalu dikasih serangga setiap harinya supaya kebutuhan protein tubuhnya terpenuhi lebih lengkap jika dibandingkan dengan hanya memberinya makan voer saja.

Pemberian makan serangga untuk burung srigunting lolohan sangat efektif diberikan setelah pemberian voer basah sebagai lolohan. Selain itu juga bisa mencampurkannya kedalam ramuan voer basah tersebut. Burung srigunting menyukai tempat yang terang,jadi tempatkan burung tersebut pada ruang yang memiliki cahaya yang cukup. Penjemuran juga cukup bagus dilakukan setiap harinya agar burung selalu sehat. Penjemuran terbaik dapat dilakukan dari pukul 7-9 pagi.

Namun perlu Anda perhatikan supaya jangan sampai lupa mengangkat burung setelah jam tersebut karena efeknya bisa mengakibatkan kefatalan. Burung yang belum bisa makan sendiri diusahakan agar jangan terkena sinar matahari terik berlebihan karena dapat mengakibatkan saraf-saraf burung tidak berfungsi, akibatnya burung menjadi lumpuh bahkan ayan yang bisa menjadikan burung mati di kemudian hari.

Burung yang masih kecil juga cukup sensitif dengan suhu yang dingin,jadi usahakan untuk meletakkannya ke dalam ruangan yang hangat. Burung srigunting adalah burung yang mempunyai suara yang keras dan pintar dalam menirukan suara burung lain,jadi peliharalah baik-baik untuk menghasilkan burung dengan kualitas yang baik pula.
0 Komentar untuk "Tips Merawat Anakan Burung Srigunting"
Back To Top