Suara Burung Jingjing Batu

Suara Burung Jingjing batu- Burung jingjing batu atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Black-winged flycatcher-shrike (Hemipus hirundinaceus) ini merupakan jenis burung yang kini sering dijumpai di pasar burung. Burung ini masih satu keluarga dengan burung Jingjing Petulak namun berbeda genus.Memiliki postur tubuh kecil sekitar 15 cm. Pada burung Jantan, tubuh bagian atas berwarna hitam,tunggir dan sisi bulu ekor terluar putih dan tubuh bagian bawah putih. Sedangkan untuk burung Betinanya mirip dengan burung jantan, tetapi warna hitam diganti dengan coklat.
download suara burung jingjing batu
img credited to http://www.mangoverde.com/

Di habitat aslinya,burung ini hidup secara berpasangan atau berkelompok, kadang dengan burung lain. Makanan burung ini berupa serangga kecil, ulat, kupu, laba-laba, tempayak.Sarangnya berbentuk cawan kecil, dari serabut halus dihiasi lumut, direkatkan dengan jaring laba-laba, pada cabang pohon berdaun di hutan.Telur berwarna hijau, berbintik coklat, jumlah 2 butir.Berbiak bulan Mei, September. Habitat aslinya berada di dataran rendah, perbukitan, tepi hutan,tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sunda Besar. Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali.

Suara asli burung ini berupa suara "ti-ti-ti-ti, hii-tiit-tiit-tiit" atau "hii-tu-wiit" berubah-ubah dengan suara tinggi "ciit-wiit-wiit-wiit". Tidak begitu bagus dan untuk suara yang sudah dipelihara belum kami temukan di youtube. Suara asli atau rekaman di Alam yang kami kutip dari situr recorder dunia yaitu xeno-canto bisa kalian dengarkan dibawah ini.
Suara Burung Jingjing Batu 
Suara Jingjing Batu 
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Refferensi tentang deskripsi burung diatas dari bio-undip.ac.id
0 Komentar untuk "Suara Burung Jingjing Batu"
Back To Top