Suara Tledekan Bakau Jantan dan Betina

Suara Sulingan/Tledekan Bakau Jantan dan Betina- Burung sulingan atau tledekan atau sikatan bakau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan mangrove blue flycatcher (Cyornis rufigastra) ini adalah spesies burung pengicau dari keluarga Muscicapidae. Burung ini dapat dijumpai di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore dan juga Thailand. Di Indonesia sendiri,spesies ini dapat ditemukan di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Kepulauan Karimunjawa di utara Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
tledekan bakau betina
Tledekan Bakau Betina
Tampilan fisik burung ini mirip dengan sikatan cacing atau tledekan gunung. Terkadang burung ini juga dijadikan sebagai pengacuh bagi orang yang belum paham tentang tledekan gunung yang mempunyai suara dan kemampuan berkicau yang cukup bagus. Para pedagang akan bilang bahwa burung tledekan bakau ini adalah sama dengan tledekan gunung.

Ada juga yang menyebutnya dengan tledekan gunung kalimantan. Perbedaan antara tledekan bakau dan tledekan gunung terletak pada warna dahi yang tidak biru muda, warna dagu yang lebih hitam, serta tubuh bagian bawah yang berwarna merah bata memanjang sampai ke perut. Untuk burung tledekan bakau betina mempunyai warna bulu yang mirip dengan tledekan gunung.

Bedanya terdapat pada paruh bagian atas berwarna keputihan yang membentuk huruf V serta dagu berwarna kekuningan. Namun lagi-lagi harus lebih teliti karena banyak pedagang yang tidak jujur dengan mewarnai bagian tersebut (disemir) sehingga mirip dengan tledekan atau sulingan gunung.

Untuk suara kicaunya,kedua burung sikatan bakau bisa berbunyi,namun mempunyai suara yang berbeda. Suara betina identik dengan suara nyuling,kadang juga ngeriwik,sedangkan burung jantan suaranya hampir sama dengan tledekan gunung yang bervareasi. Silahkan dengarkan suara kicaunya yang merupakan hasil konversi dari video yang ada di youtube di bawah ini.
Suara Tledekan Bakau Jantan 
Suara Tledekan Bakau Betina 
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Suara Tledekan Bakau Jantan dan Betina"
Back To Top