Burung Beo

Burung beo adalah spesies burung dari keluarga besar jalak-jalakan atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Sturnidae. Spesies ini dikelompokkan ke dalam Genus Gracula. Ada beberapa jenis dari burung beo yang tersebar di wilayah Asia, 2 diantaranya terdapat di Indonesia, Yaitu Beo Nias dan Beo Enggano. Baca juga Suara Masteran Untuk Burung Beo. 
burung beo
img credited to Fajar Bimantoro

Burung Beo atau Gracula ini terbagi menjadi empat subspesies. Diantaranya adalah: Beo Biasa, Gracula religiosa Beo Enggano, Gracula enganensis , Beo Nias, Gracula robusta , Beo Sri Lanka, Gracula ptilogenys Untuk Beo biasa atau nama latinnya Gracula religiosa sendiri terdiri dari beberapa subspesies yang tersebar di berbagai wilayah,diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Gracula religiosa andamanensis Beavan 1867 – Beo Andaman. Kepulauan Andaman dan Nicobar. 
  • Gracula religiosa batuensis – Beo Kepulauan Batu and Mentawai 
  • Gracula religiosa halibrecta Oberholser 1926 – Beo Nikobar besar. 
  • Gracula religiosa intermedia – Beo Indocina. Tersebar dari barat laut Indocina, timur laut India, hingga selatan Cina. 
  • Gracula religiosa palawanensis – Beo Pulau Palawan, Filipina. 
  • Gracula religiosa peninsularis – Beo Bastar. India tengah. 
  • Gracula religiosa religiosa – Beo Kepulauan Sunda Besar. 
  • Gracula religiosa venerata – Beo Kepulauan Sunda Kecil. 
  • Gracula religiosa mertensii – Beo Pulau Flores 
Berdasarkan wilayah penyebarannya,setiap burung endemik dari habitat aslinya memiliki ciri fisik yang berbeda. Adapun perbedaan tersebut dapat dilihat dari gambar jenis-jenis burung beo dibawah ini yang kami kutip informasinya dari wikipedia.
wilayah penyebaran burung beo

Di alam bebas, jenis burung ini hidup di hutan-hutan basah, terutama di bukit-bukit dataran rendah sampai daerah ketinggian 1000-2000 m di atas permukaan laut.

Makanannya berupa buah-buahan yang berdaging tebal dan tidak keras. Ia juga meminum nektar bunga. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, burung beo makan serangga seperti belalang, jangkrik, capung dan telur semut.

Di Indonesia sendiri,burung beo menjadi salah satu jenis burung yang digemari karena termasuk jenis burung yang pintar. Karena kepintarannya dalam menirukan kosa kata bahasa manusia inilah burung beo sering dianggap bisa berbicara. Siapapun akan menjawab jika ditanya tentang burung yang bisa berbicara adalah burung beo. Padahal aslinya tidak bisa berbicara atau berkata. Berikut ini adalah suara asli burung beo di alam liar,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung Beo"
Back To Top