Burung Jalak Mawar

Burung Jalak Mawar -Burung jalak mawar atau Rosy Starling / Rose-coloured Starling (Pastor roseus )Linnaeus, 1758 adalah salah satu jenis burung jalak yang jumlahnya tidak terlalu banyak di Indonesia. Burung ini merupakan jenis burung migran di Indonesia dan bukan burung penetap seperti burung jalak pito,jalak bali maupun jalak uren. Memiliki postur tubuh sedang sekitar 21 cm.
suara Burung Jalak Mawar

Tubuh berwarna merah muda, dengan jambul, kepala, leher sayap, tunggir dan ekor hitam. Kaki merah-muda, paruh merah muda/oranye pada musim panas dan coklat pada musim dingin. Bagian tubuh yang berwarna merah-muda menjadi berbasuh abu-abu. Burung Jantan dan betina dewasa memiliki kemiripan, namun untuk warna bulu betinanya sedikit lebih pucat dan jambulnya lebih pendek. Untuk burung yang masih muda tidak memiliki jambul, tubuh bagian atas coklat, sayap dan ekor pucat gelap, tubuh bagian bawah coklat muda, paruh kekuningan.

Habitat asli burung ini berkembang biak di kawasan Ukraina ke timur sampai China utara, ke selatan sampai Turki dan Iran. Di luar musim berbiak sebagian besar bermigrasi ke India dan Sri Lanka, sebagian kecil ke Eropa barat. Di Indonesia pernah tercatat di Bandung, Jogjakarta dan Serangan Bali. Suara burung ini hampir mirip dengan suara burung eurasian starling.

Berikut ini ada 2 file audio suara burung jalak mawar yang kami kutip dari xeno-canto.
Suara Burung Jalak Mawar 
Suara Burung Jalak Mawar 
Refferensi dari identifikasi burung diatas dari kutilang.or.id.
0 Komentar untuk "Burung Jalak Mawar"
Back To Top