Burung Kepodang Coklat Suara Merdu

Burung Kepodang Coklat-Kepodang Coklat (Oriolus szalayi) adalah spesies burung dari keluarga Oriolidae. Burung merupakan spesies burung Endemik di Papua Indonesia dan Papua Nugini.Burung ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 27 cm, berwarna coklat abu-abu dengan bercak kehitaman di muka,banyak coretan gelap di kepala dan tubuh bagian bawah,paruh merah-darah. Burung remaja berparuh hitam dan alis putih mencolok.
suara kepodang coklat
img credited to onushilon.org

Burung remaja sangat mirip dengan jenis-jenis Cikukua, bedanya paruh Cikukua lebih tajam dan tidak memiliki coretan di tubuhnya. Mirip dengan Isap-madu kepala-coreng, bedanya paruh Isap-madu kepala-coreng lebih pendek, tidak terdapat coretan pada tubuh bagian bawah, dan memiliki garis malar yang jelas.Menghuni kanopi hutan di sekitar papua tepi hutan dan hutan sekunder di dataran rendah dan perbukitan, juga di hutan rawa dan hutan mangrove, dari permukaan laut sampai ketinggian 1400 mdpl.

Suara burung ini hampir sama dengan suara burung kepodang emas.Berikut ini ada satu file audio suara burung kepodang coklat yang kami dapatkan dari video yang ada di youtube.Silahkan bagi yang mau mendengarnya bisa langsung download file mp3nya dibawah ini.
Suara Burung Kepodang Coklat
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung Kepodang Coklat Suara Merdu"
Back To Top