Suara Burung Asi Kumis

Burung Asi Kumis atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Moustached Babbler (Malacopteron magnirostre) ini adalah jenis burung pengicau yang berukuran kecil (sekitar16 cm).Burung ini mempunyai bulu berwarna coklat dengan ekor merah karat, mahkota coklat buram, dan kumis abu-abu gelap, kontras dengan tenggorokannya yang putih. Ras Kalimantan mempunyai kepala yang berwarna jelaga,kekang dan sisi kepala abu-abu, tubuh bagian bawah putih keabu-abuan dengan burik abu-abu kecoklatan pada dada. Burung remaja kumisnya kurang jelas. Iris coklat gelap, paruh abu-abu krem, kaki kebiruan.
suara burung asi kumis
img credited to Orientalbirdimages +Cherry Wong


Burung ini tersebar dan dapat dijumpai terbatas hanya berada di Semenanjung Malaysia, Sumatera (termasuk Kep. Lingga), dan Kalimantan (termasuk Anambas). Terdiri dari dua sub-spesies:
  1. magnirostre– Ujung selatan Myanmar, Thailand barat & selatan, Semenanjung Malaysia (termasuk P. Tioman), Kep. Anambas, Singapura dan Sumatera.
  2. cinereocapilla– Kalimantan.
Merupakan jenis burung penetap yang cukup dikenal di hutan dataran rendah sampai ketinggian 800 m di Sumatera dan 1220 m di Kalimantan.Hidup di tajuk tengah dan bawah hutan rawa, pingir hutan, dan daerah bersemak terutama di hutan tropis berdaun lebar yang alami sampai hutan tebangan. Memakan serangga, mencari makan di dedaunan tajuk tengah hutan. Biasanya terlihat dalam kelompok kecil, kadang bergabung dengan jenis lain.

Suara burung ini berupa nada yang monoton yang terdiri dari 6 nada keras menurun yang ditekan.Berikut ini ada dua audio suara burung asi kumis ynng bisa kalian download dibawah ini.
Suara Burung Asi Kumis
Suara Burung Asi Kumis
Informasi tentang identifikasi burung diatas dikutip dari kutilang.or.id dengan sumber audio berasal dari xeno-canto dan telah diedit ulang oleh www.timkicau.com.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara Burung Asi Kumis"
Back To Top