Suara Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran

Burung Pelatuk Bawang atau Pelatuk Tunggir Emas yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan greater flameback (Chrysocolaptes guttacristatus) yang juga dikenal dengan greater goldenback, large golden-backed woodpecker atau Malherbe's golden-backed woodpecker ini merupakan jenis burung pelatuk yang keberadaannya terdapat di Indonesia.Habitat aslinya dapat dijumpai di kawasan hutan terbuka,hutan lembab, semak belukar, hutan bakau dan daerah yang lapang.
Suara Burung Pelatuk Bawang
Img credited to wikipedia,uploaded by Dharani_Prakash

Burung pelatuk bawang ini mempunyai warna bulu yang sangat menarik dengan corak yang berwarna warni.Berukuran besar antara 33-34 cm.Pada burung Jantan, dahi bawah berwarna hijau zaitun, dahi atas, mahkota dan jambul berwarna merah, bergaris-garis hitam tipis. Pita putih lebar memanjang dari mata kesamping sampai tengkuk yang kontras dengan pita hitam dari mata melalui telinga sampai leher belakang. Dagu dan tenggorokan putih dengan garis tengah gelap, corak hitam makin lebat sampai tenggorokan bawah. Tubuh bagian atas hijau keemasan, punggung bawah dan tunggir merah, ekor atas hitam. Tubuh bagian bawah putih berbasuh coklat muda, bercoret hitam yang rapat di tenggorokan sampai dada, semakin berkurang dan kecoklatan sampai perut dan ekor bawah.

Sedangkan untuk burung Betina juga mirip seperti burung jantan, tapi dahi, mahkota dan jambul hitam bertotol-totol putih. Burung usia Remaja warna bulunya tidak secerah burung dewasa, dengan punggung dan sayap zaitun.Burung Jantan yang masih muda memiliki lebih sedikit porsi warna merah di kepala, dengan totol-totol pucat pada kepala bagian atas. Paruh kehitaman, iris mata putih kekuningan, lingkar terluar semakin orange.seperti dikutip dari kutilang.or.id

Bagi masyarakat jawa (kuno),burung pelatuk bawang ini menggambarkan watak yang mempunyai pendirian sangat kuat,rajin bekerja namun tidak sabaran atau grusah-grusuh.Burung ini juga dipercaya memiliki kemampuan mistik yang sangat ampuh dan sering digunakan sebagai media ritual oleh orang-orang jaman dulu.

Namun bagi manusia jaman sekarang seperti kita ini,mempercayai hal-hal mistis seperti itu adalah kuno dan harus dihentikan mengingat sebagai makhluk yang lebih religius.Kini,pelatuk bawang dipelihara oleh manusia umumnya oleh pecinta burung khusus nya adalah sebagai burung peliharaan dan juga untuk masteran burung kicau yang lainnya seperti cucak ijo,cendet,murai batu maupun kacer.

Suara burung ini berupa suara crecetan dan mempunyai sedikit vareasi suara.Berikut ini ada 3 koleksi audio suara burung pelatuk bawang di timkicau.com yang bisa kalian download dibawah ini.
Suara Burung Pelatuk Bawang
Suara Burung Pelatuk Bawang V2
Suara Burung Pelatuk Bawang V3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

1 Komentar untuk "Suara Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran"
Back To Top