Suara Poksay Rawa/Berencet Besar

Burung poksay rawa adalah penyebutan lokal untuk burung yang mempunyai nama dalam bahasa Inggris Large Wren Babler.Berukuran agak besar sekitar 19 cm,postur tubuh pendek gemuk berwarna coklat burik, berekor pendek. Tubuh bagian atas coklat tua, setiap bulu tengahnya pucat, tangkai bulu putih dan pinggiran hitam. Tubuh bagian bawah keputih-putihan dengan pinggiran abu-abu pada bulu terbang. Sisi lambung, paha, dan penutup ekor bawah merah karat. Ada kulit pucat tanpa bulu di belakang mata. Iris coklat, paruh hitam, kaki merah jambu.
suara burung rawa-rawa
http://orientalbirdimages.org/

Burung ini merupakan jenis burung penetap yang tidak umum ditemui di hutan dataran rendah sampai ketinggian 1200 m. Termasuk juga jenis pengicau yang aktif , lebih sering terdengar daripada terlihat. Hidup sendirian atau dalam kelompok kecil di hutan yang rapat. Menyukai hidup di atas atau dekat tanah, dengan ribut membalik-balikan dedaunan seperti burung cacing.

Habitat asli burung ini menghuni hutan tropis berdaun lebar dan hutan bambu, di hutan lebih sering dijumpai pada formasi tegakan rotan, salak atau jahe yang rapat. Memakan inverteberata pada semak belukar dan tumbuhan pada tajuk bawah hutan. Biasanya dijumpai sendirian, berpasangan atau dalam kelompok kecil. Musim berbiak pada bulan Maret-September di Jawa.Suara Siulan nyaring yang terdiri dari 4-5 nada bervariasi yang diulang terus.Berikut ini ada 3 koleksi audio suara burung berencet besar atau poksay rawa maupun yang sering disebut Burung Rawa-Rawa.
Suara Poksay Rawa
Suara Poksay Rawa V2
Suara Poksay Rawa
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Refferensi dari identifikasi tentang burung diatas dikutip dari situs kutilang.or.id dengan sumber audio dari video yang ada di youtube dan situs recorder dunia yaitu xeno-canto.
Back To Top