Burung Berencet Gunung

Burung Berencet Gunung atau Mountain Wren-Babbler Napothera crassa adalah spesies burung pengicau yang berukuran kecil sekitar 15 cm,berekor pendek berwarna coklat seperti bersisik dengan bagian dadanya berwarna abu-abu pucat polos. Perut serta tunggir merah karat. Bulu-bulu tubuh bagian atas coklat dengan warna hitam lebar di pinggirnya. Iris coklat, paruh hitam, kaki merah jambu.Burung ini merupakan spesies burung Endemik di Kalimantan. Terbatas di pegunungan Kalimantan bagian utara, dari Gunung Kinabalu ke selatan sampai Tama Abo dan Mulu, juga di Nyiut dan Kayan Mentarang.
Burung Berencet Gunung
img credited to Planetbirds

Burung ini merupakan spesies burung penetap yang ditemukan di hutan pegunungan yang gelap dengan lereng yang curam dan sungai berbatu, sering berada di bawah cabang-cabang pohon tumbang atau dalam lindungan tumbuhan yang rapat pada ketinggian antara 900-2900m.

Makanan burung ini berupa serangga dan siput kecil. Biasanya dijumpai berpasangan atau dalam kelompok kecil sampai 5 kadang sampai 10 individu. Lebih sering tersembunyi diantara seresah dan vegetasi yang rapat di lantai dan tajuk bawah hutan. Musim berbiak Feb-Ags di Kalimantan.

Suara burung berencet gunung ini berupa siulan-siulan pendek,berikut ini ada 2 koleksi file audio suara burung berencet gunung.
Suara Burung Berencet Gunung
Suara Burung Berencet Gunung
Informasi mengenai identifikasi burung diatas dikutip dari kutilang.or.id dengan penambahan file audio rekaman dari xeno-canto yang telah diedit ulang oleh www.timkicau.com.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top