Burung Jagal Papua Mini atau Jagal Leher Putih

Burung Jagal Papua mini atau jagal leher putih yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Black-backed Butcherbird maupun White-throated Butcherbird (Cracticus mentalis) ini merupakan spesies burung Jagal atau Butcherbird yang keberadaannya dapat dijumpai di Indonesia. Burung ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran Burung Jagal Papua Blorok atau yang dikenal dengan Jagal Papua saja. Ada satu spesies yang mirip dengan jagal mini dan hanya dijumpai di Australia,yaitu Grey Butcherbird yang memiliki vareasi suara bagus.
Burung Jagal Papua Mini atau Jagal Leher Putih
img credited to http://ibc.lynxeds.com/

Secara fisik,pada bagian kepala dan punggung berbulu hitam, tenggorokan dan kerah berbulu putih. Mirip Jagal papua, bedanya tenggorokan Jagal papua berbulu hitam, dengan punggung keputih-putihan, dan tidak ditemukan hidup di savana.

Suara burung ini mirip dengan teriakan Jagal papua, tapi lebih lambat. Berikut ini ada 2 file audio suara burung jagal papua mini rekaman hutan yang sudah kami edit ulang yang diambil dari situs rekaman Macaulay library. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Suara Jagal Papua Mini
Suara Jagal Papua Mini V2
Spesies ini terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah:
  • Cracticus mentalis mentalis (Salvadori & D’Albertis, 1876): Pulau Papua bagian selatan di wilayah Trans-Fly selatan (Merauke di sisi timur sampai Balimo) dan tenggara Semenanjung (Hall Sound di sisi timur sampai Kupiano dan dataran sampai dataran tinggi Sogeri). 
  • Cracticus mentalis kempi (Mathews, 1912): Semenanjung Cape York, di Australia bagian timur-laut. 
Makanan burung ini berupa kadal, artropoda, dan burung kecil di tajuk pohon,selain itu juga merenggut mangsa di batang pohon dan dinding bangunan.
0 Komentar untuk "Burung Jagal Papua Mini atau Jagal Leher Putih"
Back To Top