Burung Tangkar Centrong atau Murai Irian

Burung Tangkar cetrong atau ada yang menyebutnya dengan nama murai irian karena ekornya yang panjang seperti burung Murai Batu, sementara dalam bahasa inggrisnya disebut Racket-tailed Treepie (Crypsirina temia).  Burung ini adalah spesies burung dari keluarga Corvidae yang dikelompokkan dalam genus Crypsirina bersama dengan Hooded Treepie.
KICAU BURUNG MURAI IRIAN
www.pinterest.com
Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga besar dan buah-buahan yang memiliki habitat di hutan sekunder, hutan semak, hutan bambu, pekarangan, lahan pertanian yang tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.Berukuran sedang dengan panjang tubuh beserta ekornya sekitar 35 cm.Berbulu abu-abu gelap atau kehitaman metalik ,ekor sangat panjang dengan bagian ujungnya lebar membulat. Iris biru, paruh tebal berwarna hitam dan kaki hitam.

Persebaran burung ini terdapat di Asia tenggara yang meliputi Myanmar, Thailand, Indo-China, Sumatra, Jawa dan Bali. Saya tidak tahu persis kenapa spesies burung ini disebut dengan murai irian di pasar-pasar burung di pulau jawa,padahal habitatnya tidak dijumpai di pulau Papua.

Burung ini terkadang banyak dijumpai di pasar burung dalam jumlah yang banyak atau ombyokan,namun perlu diketahui bahwa embel-embel murai dari nama burung ini hanya untuk menarik minat pembeli karena penasaran dengan suara dan keunikan dari tampilan burung ini.Padahal suara kicaunya hanya monoton atau hanya terdiri dari 2 suku kata dan tidak sebagus suara Burung Murai Batu.

Berikut ini ada 2 audio suara burung murai irian,silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Murai Irian
Suara Murai Irian V2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
2 Komentar untuk "Burung Tangkar Centrong atau Murai Irian"
Back To Top