Suara Burung Jagal Hitam/Jagal Papua Hitam

Satu lagi spesies burung jagal yang habitatnya dapat ditemui di Indonesia yaitu Jagal Hitam atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Black Butcherbird. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang besar,sekitar 34 cm dengan seluruh tubuhnya berbulu hitam. Paruh besar mencolok berwarna hitam dengan ujung berbentuk kait abu-abu-biru pucat. Punggung berwarna biru-hitam mengkilat dan lebih cerah.Mata cokelat, kaki abu-abu gelap atau hitam.
Suara Burung Jagal Hitam/Jagal Papua Hitam
img credited to http://carolinabirds.org/

Kebiasaan burung ini di alam bebas hidup sendirian di bagian dalam hutan sampai ketinggian 1400 mdpl. Makanan burung ini berupa serangga, kadal, ular kecil, katak, mamalia kecil, burung serta anakannya, ikan dan kepiting kecil.

Biasanya mencari makan di lapisan tajuk hutan bagian bawah dan tengah, terkadang sampai ke permukaan tanah. Mangsa berukuran besar dilumpuhkan terlebih dahulu kemudian dicacah sampai berkeping-keping.

Saat musim berbiak,burung ini berperilaku sangat agresif dalam penjagaan sarang,seperti halnya burung Jagal Australia atau Australian magpie yang akan mengusir setiap pendatang yang mengancam keselamatan sarang.

Suara burung ini berupa suara teriakan keras yang terdengar seperti kata“ Qua wen qua” atau “ qua qua caur” atau “ kokwoiee koi” atau “ tolk-kwing-wing!”, berdering, yang diteriakkan dengan cepat dan nada bagian tengah paling tinggi. Tiap ras memiliki suara yang berbeda, kecuali nada “ kwa” yang mudah dikenali dan semuanya memiliki kualitas deringan yang sama seperti dikutip dari kutilang.or.id

Berikut ini ada 3 file audio suara burung jagal hitam atau jagal papua hitam yang bisa kalian dengar melalui link download di bawah ini.
Suara Burung Jagal Hitam
Suara Burung Jagal Hitam V2
Suara Burung Jagal Hitam V3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Jagal Hitam/Jagal Papua Hitam"
Back To Top