Suara Burung Opior Jawa (pia-pia)

Suara Burung Opior Jawa (pia-pia)- Burung Opior Jawa atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Mees's white-eye yang juga dikenal dengan Grey-throated Darkeye maupun Javan Grey-throated White-eye (Lophozosterops javanicus) ini adalah spesies burung dari keluarga besar Pleci atau Zosteropidae , dari genus Lophozosterops.
Suara Burung Opior Jawa (pia-pia)

Ada beberapa orang menyebutnya dengan burung Robin jawa karena suara kicaunya yang juga bisa ngeropel seperti burung robin jantan. Ukuran tubuhnya juga sama seperti burung robin,yaitu sekitar 13 cm. Namun warna bulunya tidak secantik warna bulu burung robin.

Untuk burung opior jawa berwarna zaitun buram, bagian kepala, tenggorokan, dan dada abu-abu, tubuh bagian atas hijau-zaitun, perut kuning-pucat.Iris coklat,paruh dan kaki hitam. Suara asli burung ini dialam liar berupa suara Cuitan nada-nada tinggi yang terdengar seperti kata “ chi-i-wiit, chi-i-witwit” atau getaran “tiirr-tiirr” yang mirip peluit dan juga kicauan yang lebih merdu dibandingkan jenis kacamata yang lain.

Namun untuk burung jantan memiliki suara yang cukup bagus jika dipelihara dengan baik. Berikut ini ada 3 koleksi audio suara burung opior jawa atau pia-pia yang kami konversi dari video yang ada di youtube. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Suara Burung Pia-pia
Suara Burung Pia-pia V2
Suara Burung Pia-pia V3
Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji kecil, serangga dan memiliki habitat di hutan pengunungan tinggi, tersebar di atas ketinggian 1.500 m dpl.
0 Komentar untuk "Suara Burung Opior Jawa (pia-pia)"
Back To Top