Suara Burung Robin Biru/Berkecet Siberia

Burung Robin Biru atau dalam penyebutan nasionalnya adalah Berkecet Siberia sedangkan dalam bahasa Internasionalnya disebut Siberian Blue Robin (Luscinia cyane) ini merupakan spesies burung dari keluarga Muscicapidae. Burung ini adalah spesies burung migran dalam jumlah kecil, dan dapat ditemukan di berbagai kawasan hutan di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
img credited to http://www.praktejder.se/

Burung pendatang ketika musim dingin di habitat aslinya ini berukuran sedang dengan panjang tubuhnya sekitar 14cm.Habitat perkembangbiakan burung ini terdapat di beberapa negara di Asia Timur,namun pada saat musim dingin tiba,burung-burung ini akan bermigrasi ke daerah yang lebih hangat,termasuk ke Indonesia.

Tubuhnya berwarna biru dengan kolaborasi warna putih dan semburat hitam. Burung jantan dan betinanya sangat mudah dikenali karena memiliki warna bulu yang berbeda.Pada burung jantan, tubuh bagian atasnya berwarna biru gelap, dan pita hitam lebar melewati mata menggaris kebawah di sisi leher, tubuh bagian bawahnya putih. Sedangkan untuk burung betina, tubuh bagian atasnya berwarna coklat zaitun dengan tenggorokan dan dada coklat, bersisik kuning tua.

Burung remaja dan beberapa burung betina mempunyai sedikit warna biru di ekor dan tunggir. Iris coklat; paruh hitam, kaki putih kemerahjambuan.

Suara burung ini cukup merdu untuk suara aslinya di hutan,memiliki nada naik turun.Berikut ini ada 3 file audio suara burung siberian blue robin atau robin biru maupun berkecet siberia yang bisa kalian download melalui link dibawah ini.
Suara Burung Berkecet Biru
Suara Burung Berkecet Biru V2
Suara Burung Berkecet Siberia V3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Robin Biru/Berkecet Siberia"
Back To Top