Burung Poksay Botak

Poksay Botak atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Bare-headed Laughingthrush (Garrulax calvus) ini merupakan spesies burung dari keluarga besar Garrulax atau Poksay. Burung ini berukuran sedang sekitar 25,5-27 cm, berwarna abu-abu kehitaman mengkilap. Kulit kepala depan yang botak berwarna kecoklatan sampai kekuningan dan kulit tenggorokan putih kebiruan. Antara burung jantan dan betinanya sangat mirip. Untuk burung yang berusia remaja warnanya lebih buram dan pada bagian mahkotanya berbulu seluruhnya.Iris coklat, paruh jingga, kaki kuning kecoklatan.
Burung Poksay Botak
img by http://ibc.lynxeds.com/

Burung poksay yang satu ini merupakan spesies burung Endemik di Kawasan dataran tinggi dan pegunungan di Kalimantan bagian utara. Tersebar sampai dengan ketinggian 2000 mdpl. Keberadaannya sangat jarang dijumpai di pasar-pasar burung di Indonesia. Berbeda dengan poksay jambul (poksay sumatera), Poksay Medan maupun Poksay Mandarin yang banyak beredar di pasaran.

Suara burung ini Seperti Poksai jambul,yaitu berupa teriakan berkotek sumbang untuk tanda bahaya dan suara panggilan beberapa nada yang keras, jelas, dan dempang “hup”, diikuti nada tertawa histeris. Juga nada ganda “hupup”. Berikut ini ada 2 file audio suara burung poksay botak yang kami kutip dari situs rekaman suara burung international yaitu xeno-canto.
Suara Poksay Botak
Suara Poksay Botak V2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung Poksay Botak"
Back To Top