Suara Burung Citbang

Burung citbang adalah penyebutan nama lokal di beberapa daerah di Indonesia yang juga disebut dengan burung kemlade,talokan maupun burung cabe atau cabai. Dalam bahasa Indonesianya,nama burung ini adalah Cabai Jawa. Berukuran kecil dan merupakan spesies burung endemik Indonesia yang keberadaannya dapat ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Lombok.

Burung citbang atau kemade atau Cabai jawa ini merupakan jenis burung pemakan buah benalu, biji, serangga kecil. Burung ini memiliki peranan penting dalam ekologi,karena turut membantu menyebarkan biji-bijian dari buah yang menjadi makanannya. Habitat burung ini dapat dijumpau di pekarangan, perkotaan, habitat terbuka, pantai dan hutan bakau.

Untuk membedakan jenis kelamin antara Burung jantan dan betinanya sangat mudah jika burung sudah dewasa karena tampilan fisik keduanya berbeda. Pada burung jantan,bagian kepala, punggung, tunggir dan dadanya berwarna merah padam atau agak kejinggaan. Sayap dan ujung ekor hitam. Perut putih keabu-abuan. Ada bercak putih pada lengkung sayapnya. Sedangkan untuk burung betina bagian tunggirnya merah,sedangkan tubuh bagian atasnya coklat agak kehijauan dan tubuh bagian bawahnya putih buram.

Berikut ini gambar burung citbang atau kemade jantan dan betina.
download mp3 suara burung citbang
burung kemade jantan dan betina

Burung kecil ini biasanya dipelihara sebagai burung masteran. Suaranya berupa suara crecetan yang terkadang cukup rapat jika burung yang sudah gacor. Beberapa waktu lalu juga pernah kami postingkan tentang suara Burung Kemade ini,silahkan buka kembali di SINI. Untuk update kali ini ada 5 file audio suara burung citbang atau kemade atau cabai jawa yang kami kutip dari youtube. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini,pilih salah satu yang kalian inginkan.
Suara Burung Citbang
Suara Burung Citbang V2
Suara Burung Citbang V3
Suara Burung Citbang V4
Suara Burung Citbang V5
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Citbang"
Back To Top