Suara Burung Kehicap Ranting (Selendang Biru)

Dalam waktu kebelakangan ini sering dijumpai spesies burung yang berwarna biru unik di pasar burung lokal Magelang. Burung tersebut bernama Kehicap ranting atau Selendang Biru yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Black-naped monarch ini adalah spesies burung dari keluarga Monarchidae, dari genus Hypothymis. Burung ini merupakan jenis burung yang memiliki ukuran sekitar 16cm dan merupakan spesies burung pemakan serangga keci dan memiliki habitat di hutan dataran rendah, hutan sekunder. tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.
Suara Burung Kehicap Ranting (Selendang Biru)
img credited to wikimedia.org

Pada Burung jantan, kepala, dada, punggung, dan ekornya berwarna biru. Sayap lebih abu-abu,perut keputihan dan terdapat jambul hitam pendek. Sedangkan untuk Burung betina,bagian kepala berwarna abu-abu biru. Dada lebih abu-abu,punggung, sayap, dan ekor abu-abu kecoklatan dan tidak memiliki jambul hitam.

Habitat asli burung ini terdapat di India, Cina, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Filipina. Untuk wilayah penyebaran lokal,burung ini dapat dijumpai di kawasan Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Suara burung ini hanya terdiri dari beberapa vareasi lagu,atau bisa dikatakan jenis burung masteran.

Berikut ini ada 2 file audio suara burung kehicap ranting yang kami kutip dari video yang ada di youtube. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Suara Burung Kehicap Ranting
Suara Burung Kehicap Ranting V2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Kehicap Ranting (Selendang Biru)"
Back To Top