Suara Merdu Poksay Hongkong Pipi Hitam

Suara Merdu Poksay Hongkong Pipi Hitam-Poksay hongkong pipi hitam merupakan sub spesies dari Poksay Hongkong pipi putih. Kebanyakan burung poksay hongkong atau yang umum dijumpai di Indonesia adalah yang pipi putih. Poksay Hongkong yang pipi hitam masih tergolong langka di Indonesia. Dalam bahasa Inggris,burung poksay hongkong dikenal dengan nama black-throated laughingthrush yang mempunyai nama latin (Garrulax chinensis).

Burung jenis ini terbagi menjadi 5 sub spesies dengan wilayah penyebaran yang berbeda. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Garrulax chinensis lochmius (Deignan, 1941) – yang tersebar di China ,Myanmar, Thailand dan juga Laos. 
  2. Garrulax chinensis propinquus (Salvadori, 1913 – Hanya terdapat di Myanmar dan Thailand saja.
  3. Garrulax chinensis chinensis (Scopoli, 1786) –Terdapat di China, Laos dan Vietnam.
  4. Garrulax chinensis monachus (Swinhoe, 1870) – Hainan I.
  5. Garrulax chinensis germaini Oustalet, 1890 – Terdapat di Vietnam dan juga Kamboja.
Secara umum,burung jenis ini dapat ditemukan di Kamboja, China , Laos , Myanmar , Thailand, dan juga Vietnam. Habitat alaminya menghuni kawasan hutan dataran rendah tropis maupun subtropis. Suara burung poksay hongkong atau poksay pipi putih ini memang cukup keras dan sangat merdu,sehingga banyak orang yang menyukainya.

Seperti saat ini,burung jenis ini sedang banyak dicari setelah sekian lama tidak ada kabar kepopulerannya di tanah air. Harganya pun semakin lama semakin mahal mengingat jumlahnya yang masih sedikit dipasaran. Kebanyakan burung poksay hongkong yang dipelihara oleh orang di Indonesia adalah poksay hongkong pipi putih. Untuk yang pipi hitam atau yang tidak bertompel putih masih sedikit. Burung poksay hongkong pipi hitam ini memiliki nama latin Garrulax chinensis monachus.Berikut ini foto burung poksay hongkong pipi hitam.
Suara Merdu Poksay Hongkong Pipi Hitam
foto oleh om Neo Riyadi

Seperti yang disebutkan dalam daftar sub spesies dari poksay hongkong ini diatas. Burung ini merupakan sub spesies poksay hongkong yang hanya dapat dijumpai di kepulauan Hainan Cina. Beberapa peneliti menganggap spesies ini merupakan spesies tersendiri yang disebut Swinhoe's laughingthrush (Garrulax monachus).

Jika kita lihat dari video-video yang berada di youtube,burung ini memang memiliki suara yang cukup merdu dan gaya berkicaunya sama persis dengan yang pipi hitam. Jika Anda penasaran,silahkan bisa searching di youtube dengan menggunakan kata kunci dalam bahasa Vietnam yaitu Bồ chao atau Chim Bồ Chao. Memang burung ini kebanyakan dipelihara oleh orang-orang Vietnam,mungkin karena jalur perdagangannya yang dekat.

Berikut ini ada beberapa audio suara burung Poksay Hongkong Pipi Hitam yang merupakan hasil konversi dari video yang ada di youtube. Suaranya bagus-bagus dan cukup merdu. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Suara Poksay Hongkong Pipi Hitam
Suara Poksay Hongkong Pipi Hitam V2
Suara Poksay Hongkong Pipi Hitam V3
Suara Poksay Hongkong Pipi Hitam V4
Suara Poksay Hongkong Pipi Hitam V5
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Merdu Poksay Hongkong Pipi Hitam"
Back To Top