Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India

Burung Anis merah atau punglor merah yang dikenal dalam bahasa Inggrisnya dengan orange-headed thrush (Geokichla citrina) maupun (Zoothera citrina) ini merupakan salah satu jenis burung pengicau dari keluarga  Turdidae. Spesies burung ini cukup populer di kalangan penghobi burung kicauan di Indonesia karena suara kicaunya yang merdu dan memiliki gaya berkicau yang unik yaitu teler.

Burung anis merah terdiri dari 11 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda dan memiliki tampilan fisik yang berbeda-beda.Jika di Indonesia,burung anis merah pada bagian kepalanya berwarna merah bata polos,tapi ada sub spesies anis merah yang pada bagian kepala (muka) menyerupai Burung Anis Cendana,yaitu spesies anis merah yang menghuni kawasan India atau yang memiliki nama latin Geokichla citrina cyanota.Berikut ini penampakannya.
Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India
Img credited to www.flickr.com

Seperti yang dijelaskan diatas,spesies burung anis merah terdiri dari 11 sub-spesies,diantaranya adalah sebagai berikut .
  1. Geokichla citrina citrina: Bagian timur Himalaya sampai timur laut India, dan di bagian barat dan utara Myanmar. Pada musim dingin bermigrasi ke India bagian selatan sampai Sri langka.
  2. Geokichla citrina cyanota (Jardine & Selby, 1828): India bagian tengah dan selatan.
  3. Geokichla citrina gibsonhilli (Deignan, 1950): Myanmar bagian tengah dan tenggara, Thailand bagian barat daya. Pada musim dingin bermigrasi ke semenanjung malaysia dan Singapura. Diduga juga bermigrasi sampai Sumatra.
  4. Geokichla citrina innotata (Blyth, 1846): China bagian selatan, Myanmar bagian timur, Thailand bagian utara dan tenggara, Indochina bagian barat laut dan selatan. Pada musim dingin bermigrasi ke semenanjung Malaysia. 
  5. melli (Stresemann, 1923): China bagian selatan.
  6. Geokichla citrina courtoisi (Hartert, 1919): Anhui (China bagian timur). 
  7. Geokichla citrina aurimacula (Hartert, 1910): Indochina bagian tengah dan Pulau Hainan.
  8. Geokichla citrina andamanensis (Walden, 1874): Pulau Andaman. 
  9. Geokichla citrina albogularis (Blyth, 1847): Pulau Nicobar.
  10. Geokichla citrina aurata (Sharpe, 1888): Pulau kalimantan bagian utara (wilayah Malaysia dan Brunei darrusalam, yaitu di daerah pegunungan kapur Gng. Kinabalu dan Gng. Trus Madi).
  11. Geokichla citrina rubecula (Gould, 1836): Java dan Bali.
Burung Anis Merah ras India ini memiliki postur tubuh paling besar dibanding dengan spesies Anis Merah dari daerah lain.Suara kicaunya juga cukup merdu,videonya bisa kalian lihat di SINI.
Bagi yang mau menyimpan suara burung tersebut dengan format mp3,berikut ini sudah saya konversikan menjadi audio yang bisa kalian download dibawah ini.
Suara Anis Merah Ras India
Suara Anis Merah Ras India V2
Suara Anis Merah Ras India (yang sudah dipelihara)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India"
Back To Top