Suara Burung Kutilang Mutiara

Kutilang mutiara adalah penyebutan lokal di beberapa daerah di Indonesia untuk burung yang memiliki nama dalam bahasa Internasionalnya scaly-breasted bulbul (Pycnonotus squamatus) ini. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Kutilang Zebra maupun Kutilang Kembang karena bagian dadanya yang hampir mirip dengan Cucak Mutiara.
Suara Burung Kutilang Mutiara/kutilang zebra

Dalam bahasa perburungan nasional,burung ini dikenal dengan nama Cucak Bersisik atau cucak sisik. Burung ini merupakan jenis burung pengicau dari keluarga Pycnonotidae atau cucak-cucakan. Habitat aslinya dapat dijumpai di Brunei, Indonesia, Malaysia, Burma dan juga  Thailand. Untuk penyebaran lokal terdapat di pulau Jawa,Sumatera dan juga Kalimantan.

Burung cucak bersisik ini berukuran Kecil,yaitu sekitar 15 cm.Memiliki warna bulu yang cukup menarik dengan bagian kepala berwarna hitam, tenggorokan dan dagu putih, dada dan sisi lambung bersisik hitam putih khas. Bagian punggung zaitun, tungging dan tunggir kuning terang. Ujung sayap hitam, ekor hitam dengan ujung putih pada bulu terluar, perut putih. Iris merah, paruh hitam dan kakinya berwarna hitam.

Suara burung ini hanya berupa siulan-siulan yang kadang disertai dengan nada getaran khas yang pendek-pendek.Berikut ini kami ada satu file audio suara burung cucak bersisik atau kutilang mutiara maupun kutilang zebra yang kami peroleh dari video yang ada di youtube.Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Kutilang Mutiara
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara Burung Kutilang Mutiara"
Back To Top