Suara Burung Cucak Rawa Timur/Cikukua Timur

Burung Cikukua Timur atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Timor Friarbird (Philemon inornatus) (G. R. Gray, 1846) ini adalah salah satu burung Endemik yang juga bersuara bagus.Ada yang menyebut burung ini dengan istilah Cucak Rawa Timur atau cucak rowo timor.Burung ini berbeda dengan cucak timur atau cikukua tanduk.Jika cucak timur pada bagian kepalanya tidak ditumbuhi dengan bulu dan paruh yang tebal,pada burung ini berpenampilan seperti burung pada umumnya yang berbulu pada bagian kepalanya.
Suara Burung Cucak Rawa Timur/Cikukua Timur

Burung ini berukuran sekitar 24 cm.Persebaran dan Ras Endemik di Pulau Timor dan NTT. Tempat Hidup dan kebiasaan burung ini tercatat menghuni kawasan hutan primer dan hutan monsun sekunder, hutan terbuka, semak terbuka dan kadang lahan budidaya berpohon sedikit. Dari permukaan laut sampai ketinggian 2400 m.

Dijuluki cucak rawa timur karena suara burung ini lunak dan lebih condong monoton dan agak ngebas.Berikut ini ada 2 file audio suara burung cucak rawa timur atau cikukua timur di alam liar.

Silahkan download dan dengarkan suara burung cikukua timur dibawah ini:
Suara Cucak Rawa Timur
Suara Cucak Rawa Timur V2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara Burung Cucak Rawa Timur/Cikukua Timur"
Back To Top