Suara Cucak Mutiara

Cucak mutiara atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Spot-necked Bulbul (Pycnonotus tympanistrigus) ini merupakan salah satu spesies burung cucak-cucakan yang tampilannya hampir mirip seperti Cucak Rawa. Dulu pernah saya postingkan pada artikel sebelumnya yaitu tentang Cucak Rawa Palsu. Burung ini berukuran sedang dengan panjang tubuhnya sekitar 16 cm.
Suara Cucak Mutiara

Bagian atas kepalanya mulus tanpa jambul dengan kenampakan umum bulu coklat-zaitun. Mahkota coklat-zaitun gelap. Tungging, sayap dan ekor kehijauan, kekang dan tenggorokan keputih-putihan. Kulit tanpa bulu disekitar mata hitam, penutup telinga kuning. Tubuh bagian bawah berbintik coklat dan putih dengan garis-garis kuning-zaitun pada penutup ekor bagian bawah.

Burung diplikatnya cucak rawa ini merupakan spesies burung endemik Sumatera. Menghuni kawasan hutan perbukitan, hutan sekunder, dan lapisan bawah di pinggir hutan. Hidup pada rentang ketinggian antara 600 – 900 mdpl. Burung ini jarang dipelihara karena suaranya biasa saja. Namun ada salah satu orang yang memelihara burung ini dan mengupload videonya di youtube.

Berikut ini adalah audio suara cucak mutiara yang sudah saya konversikan menjadi file mp3. Silahkan barangkali ada yang belum pernah mendengarkan atau penasaran dengan suara burung duplikatnya cucak rowo dibawah ini.
Suara Cucak Mutiara
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Cucak Mutiara"
Back To Top