Suara Murai Jawa

Murai batu jawa atau yang dikenal dengan nama Murai Larwo ini merupakan salah satu spesies burung murai batu yang habitatnya hanya terdapat di pulau jawa. Burung yang memiliki nama latin Copsychus malabaricus omissus ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan spesies murai batu dari daerah lain. Burung ini berukuran sedikit lebih kecil dari jenis burung murai batu pada umumnya. Ekornya juga tidak terlalu panjang.
Suara Murai Jawa
Suara burung ini juga bagus dengan gaya berkicau identik dengan mengembangkan bulu di bagian kepala dan agak tenang sembari menunduk.

Berbeda dengan jenis murai batu asal sumatera dan kalimantan yang memiliki gaya tarung agressiv dengan gerakan yang gesit. Murai jawa atau larwo ini jika Anda baca di blog lain sudah merupakan spesies yang langka dan bahkan ada yang meragukan akan keberadaannya di hutan. Mungkin saya adalah satu dari blogger lainnya yang menyatakan bahwa spesies burung ini masih lumayan banyak,karena saya sendiri tahu persis jalur perdagangan burung ini. Saya sering melihat seller besar menawarkan banyak stok murai jawa hasil tangkapan hutan.Saya juga kadang melihat peternak murai batu yang juga menangkarkan burung ini.

Nah bagi yang memiliki spesies burung murai yang satu ini harap untuk dipelihara dengan baik,bila perlu kalian menangkarkannya supaya spesies endemik pulau jawa ini tetap bertahan dan semakin bertambah jumlahnya melalui proses penangkaran. Untuk suara kicaunya,burung ini juga lumayan bagus,berikut ada 3 file audio suara burung murai jawa atau murai larwo yang saya kutip dari video yang ada di youtube. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Murai Jawa V1
Suara Murai Jawa V2
Suara Murai Jawa V3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Murai Jawa"
Back To Top