Brinji-emas Buru,Burung Cucak Endemik Pulau Buru

Burung Brinji emas Buru atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Buru golden bulbul yang merupakan sub spesies dari Burug Brinji Emas.Masih ada pro dan kontra terhadap pemerian nama untuk burung ini,beberapa peneliti masih menggunakan istilah yang lama dalam penyebutannya,yaitu northern golden bulbul (Alophoixus mystacalis) .Burung ini adalah salah satu spesies burung pengicau dari keluarga cucak-cucak an atau Pycnonotidae family. Burung ini adalah spesies burung Endemik Indonesia timur dengan persebaran terbatas hanya terdapat di Pulau Buru
Brinji-emas Buru,Burung Cucak Endemik Pulau Buru
img by http://www.birdforum.net/
Burung Brinji emas buru ini memiliki ukuran sedang dengan kisaran panjang tubuhnya antara (22-24 cm). Tubuh bagian atas berwarna zaitun kekuningan, tubuh bagian bawah kuning. Kekang dan dagu kuning, dada hijau zaitun dengan coretan pada tangkai bulu lebih pucat.

Burung ini merupakan spesies burung penetap yang menghuni hutan berdaun lebar atau lahan berpohon, dari permukaan laut sampai dengan ketinggian 1700 m. Seperti jenis burung cucak-cucak an pada umumnya,makanan burung ini juga berupa serangga dan buah-buahan.

Suara burung ini berupa nada siulan yang mengalun,berikut ini ada 2 file audio suara burung brinji emas buru rekaman hutan.Silahkan dengarkan audio suara kicaunya dibawah ini.
Suara Brinji Emas Buru
Suara Brinji Emas Buru
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Brinji-emas Buru,Burung Cucak Endemik Pulau Buru"
Back To Top