Burung Kepodang

Burung Kepodang adalah burung berkicau (Passeriformes) yang mempunyai bulu yang indah dan juga terkenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi, dan bersih termasuk dalam membuat sarang.Burung kepodang berasal dari daratan China yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama black-naped oriole (Oriolus chinensis) yang penyebarannya mulai dari India, Asia Tenggara, kepulauan Philipina, termasuk juga Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.
black-naped oriole (Oriolus chinensis)

Burung ini hidup di hutan-hutan terutama di daerah tropis dan sedikit di daerah sub tropis dan biasanya hidup berpasangan. Di pulau Jawa dan Bali, burung kepodang sering disebut dengan kepodang emas karena warnanya yang dominan kuning bersih dengan paduan warna hitam dan berparuh jingga. Burung kepodang berukuran relatif sedang, panjang tubuhnya jika diukur dari ujung ekor hingga paruh sekitar 25 cm.

Burung ini berwarna hitam dan kuning dengan strip hitam melewati mata dan tengkuk, bulu terbang sebagian besar hitam. Burung ini menghuni hutan terbuka, hutan mangrove, hutan pantai, dan daerah pemukiman. Suara burung ini cukup kuat dengan vareasi suara yang khas. Namun jika dipelihara dari kecil,burung ini juga bisa menirukan suara burung lain dalam vareasi suara lirihnya.

Berikut ada 2 tipe audio suara burung kepodang koleksi timkicau,yaitu suara khas dan suara isian yang bisa kalian download melalui link dibawah ini.
Suara Kepodang Emas Gacor
Suara Kepodang Emas Isian
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Refferensi diatas dikutip dari wikipedia dengan sumber audio mp3 dari youtube dan telah diedit oleh www.timkicau.com.
Back To Top