Kicau Burung Cinenen Kelabu

Burung Cinenen Kelabu atau Prenjak kelabu atau dalam bahasa jawanya disebut Prenjak Klawu ini adalah salah satu spesies burung prenjak yang keberadaannya dapat dijumpai di Indonesia.Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini disebut dengan Ashy Tailorbird (Orthotomus ruficeps)- Lesson, 1830. Burung ini berukuran kecil (sekitar 11 cm), berwarna abu-abu, kepala merah karat. Burung jantan memiliki warna mahkota, dagu dan pipi merah-karat, bulu yang lain abu-abu, dan perut putih.
Kicau Burung Cinenen Kelabu

Burung betina memiliki warna yang berbeda dengan bagian kepala tidak semerah jantan, pipi dan kerongkongan atas putih. Iris coklat kemerahan, paruh coklat; kaki merah jambu. Suara kicauan burung ini sangat mirip dengan Suara Burung Cinenen Jawa, sering dikeluarkan secara bersahut-sahutan oleh burung jantan dan betina.

Burung ini memiliki habitat asli di Asia Tenggara dengan wilayah penyebaran yang meliputi Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapore, Thailand dan juga Vietnam. Persebaran lokal di Indonesia meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan pulau-pulau kecil disekitarnya.Terdiri atas 8 sub-spesies, dengan daerah persebaran sebagai berikut:
  1. Orthotomus ruficeps cagayanensis (Riley, 1935): Cagayan Sulu (tepi utara pulau Kalimantan).
  2. Orthotomus ruficeps cineraceus (Blyth, 1845): ujung selatan Myanmar (Tenasserim selatan), Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Bangka dan Belitung.
  3. Orthotomus ruficeps baeus (Oberholser, 1912): Nias dan Kep. Pagai (tepi barat Sumatera).
  4. Orthotomus ruficeps oncinnus (Riley, 1927): Siberut dan Sipura (tepi barat Sumatera).
  5. Orthotomus ruficeps borneoensis (Salvadori, 1874): Kalimantan.
  6. Orthotomus ruficeps ruficeps (Lesson, 1830): Jawa.
  7. Orthotomus ruficeps baweanus (Hoogerwerf, 1962): Pulau Bawean (utara pulau Jawa).
  8. Orthotomus ruficeps palliolatus (Chasen & Kloss, 1932): Kepulauan Kangean dan Karimunjawa (ujung utara Jawa).
Burung ini sering terlihat mengunjungi hutan terbuka, pinggir hutan, hutan mangrove, semak-semak di tepi pantai, kebun, tumbuhan sekunder, dan rumpun bambu sampai ketinggian 950 mdpl.Suara burung ini sangat mirip dengan Prenjak Jawa,namun secara keseluruhan,ada beberapa vokalisasi atau nada yang berbeda.Berikut ini ada 4 file audio suara burung cinenen kelabu yang diambil dari rekaman cinenen kelabu berbagai daerah.

Ada yang mirip dengan prenjak jawa (cinenen jawa) dan ada juga yang berbeda.Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Cinenen Kelabu
Suara Cinenen Kelabu V2
Suara Cinenen Kelabu V3
Suara Cinenen Kelabu V4
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.Informasi diatas dikutip dari situs kutilang.or.id dengan sumber audio dari xeno-canto dan telah diedit oleh www.timkicau.com.
0 Komentar untuk "Kicau Burung Cinenen Kelabu"
Back To Top