Suara Ayam Ketawa

Ayam ketawa adalah salah satu spesies ayam asli Indonesia yang berasal dari kabupaten Sindrap , Sulawesi Selatan. Ayam ketawa atau disebut dengan “Manu Gaga” dalam bahasa Bugis ini dulu hanya dipelihara dan berkembang biak di lingkungan bangsawan Bugis sebagai simbol status sosial yang menggambarkan tentang kesuksesan, keberanian dengan istilah “ Jantan", tapi sekarang bisa kita lihat siapapun bisa memelihara Ayam endemik ini.
Suara Ayam Ketawa

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, ayam ketawa sangat mirip dengan ayam kampung. Namun ketika mendengar suaranya, maka akan terlihat perbedaan yang mencolok. Ayam ketawa memiliki suara yang memang mirip sekali dengan ketawanya manusia,mungkin karena inilah jenis ayam asal Sulawesi Selatan ini disebut sebagai Ayam Ketawa.

Ada sekitar 6 jenis Ayam ketawa dan tiga interval suara kokoknya menurut informasi yang ditulis pada Wikipedia,(maaf saya kurang paham tentang ayam),yaitu:
1. Garetek adalah suara kokok dengan interval cepat.
2. Gaga adalah suara kokok dengan interval lambat.
3. Dodo adalah suara kokok dari ayam ketawa yang mendayu-dayu.

Berikut ini timkicau ada 5 file audio suara Ayam Ketawa yang memiliki nada yang berbeda-beda yang kami kutip dari situs youtube. Silahkan download dan dengarkan suaranya dibawah ini:
Suara Ayam Ketawa
Suara Ayam Ketawa v2
Suara Ayam Ketawa v3
Suara Ayam Ketawa v4
Suara Ayam Ketawa v5
Semoga bermanfaat dan barangkali bisa kalian gunakan untuk memaster burung Jagal Papua jika Anda memilikinya.
Tag : Suara Lain
0 Komentar untuk "Suara Ayam Ketawa"
Back To Top