Suara Burung Cinenen Jawa (Prenjak Jawa)

Burung cinenen jawa atau prenjak jawa yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Olive-backed Tailorbird (Orthotomus sepium) ini merupakan salah satu jenis burung pengicau kecil yang keberadaannya hanya dapat dijumpai di Indonesia.Burung ini memiliki ukuran kecil (sekitar 11 cm), berwarna abu-abu, berkepala merah-karat. Burung jantan memiliki warna mahkota, kerongkongan, dan pipi merah-karat, bulu yang lain abu-abu kehijauan (yang membedakan dengan Cinenen Kelabu/Prenjak Klawu), perut putih tersapu kuning.
Suara Cinenen Jawa (Prenjak Jawa)

Burung betina memiliki warna kepala tidak semerah jantan, dagu dan tenggorokan atas putih. Iris coklat kemerahan, paruh coklat dan kaki merah jambu. Mirip dengan burung Cinenen Kelabu, perbedaan terletak pada warna punggung yang lebih zaitun, sisi tubuh lebih kuning, tidak terlalu abu-abu.

Burung ini memiliki banyak variasi suara, termasuk suara monoton yang mirip dengan suara Cinenen kelabu namun suaranya lebih tajam dan jelas.Silahkan dengarkan 2 file audio suara burung cinenen jawa berikut ini:
Suara Cinenen Jawa
Suara Cinenen Jawa V2
Burung prenjak yang satu ini merupakan jenis burung Endemik atau hanya diketahui hidup di Jawa, Bali, dan Lombok.Terbagi menjadi 2 sub spesies berdasarkan habitat aslinya,yaitu:
  1. sundaicus (Hoogerwerf, 1962): Pulau Panaitan (Jawa barat).
  2. sepium (Horsfield, 1821): Jawa, Bali dan Lombok.
Beberapa ahli menempatkan jenis ini sebagai ras dari Cinenen kelabu karena beberapa kemiripan seperti suara kicaunya dan hanya perbedaan warna bulu yang tidak terlalu jelas.
0 Komentar untuk "Suara Burung Cinenen Jawa (Prenjak Jawa)"
Back To Top