Suara Burung Tieu Mi/Wambi Mini

Burung Tieu Mi,bagi yang sering nonton video burung kicauan di Youtube mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama penyebutan burung tersebut.Kata Tieu Mi merupakan penyebutan untuk burung yang di Indonesia disebut sebagai Hwamei Mini atau wambi mini.Tieu Mi adalah penyebutan burung yang memiliki nama dalam Bahasa Inggris spot-throated babbler di Vietnam.
Suara Burung Tieu Mi

Jika saya perhatikan,yang paling banyak mengupload video kicauan burung ini di youtube adalah kicau mania asal Vietnam disbanding dengan Negara lain.Itu karena spesies burung kicau kecil ini mudah ditemukan di Vietnam.Di Indonesia juga ada,tapi statusnya sebagai burung import yang di datangkan dari Vietnam maupun Negara lain yang merupakan Negara dimana burung ini ditemukan. Jadi jumlahnya lebih sedikit.

Burung kecil yang memiliki kemampuan berkicau mirip Burung Hwamei ini harganya lumayan mahal.Saya pernah bertanya kepada salah satu kolektor burung aneh,unik dan langka,harga untuk satuan burung ini hampir sama dengan harga burung hwamei atau wambi.Untuk harga pasarannya saya kurang tahu karena yang saya Tanya adalah kolektor yang suka berburu burung yang belum banyak dipelihara kicaumania tanah air.

Untuk warna burung ini sebenarnya kurang menarik dengan warna coklat yang mungkin jika diombyok akan seperti burung  Pelanduk semak dan orang yang belum mengerti mungkin mengira bahwa burung ini adalah burung murahan.Tapi jika sudah mendengar suara kicaunya baru akan terpesona melihat kemampuannya.

Saya sudah beberapa kali mengupdate tentang suara burung ini,nah untuk kali ini saya akan tambahkan audio terbaru burung hwamei mini atau Tieu Mi koleksi timkicau.Ada 4 file audio suara burung ini yang bisa kalian download melalui link dibawah ini.
Suara Burung Tieu Mi
Suara Burung Tieu Mi v2
Suara Burung Tieu Mi v3
Suara Burung Tieu Mi v4
Jika kalian ingin melihat aksi kicaunya burung ini,kalian bisa tonton videonya di youtube nenggunakan kata kunci “hwame mini atau mini hwamei”.Atau jika ingin yang lebih banyak lagi,silahkan gunakan kata kunci dalam Bahasa Vietnam,bisa menggunakan kata kunci “Tieu Mi atau Chim Tieu Mi”.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Back To Top