Suara Cucak Rumbai Tungging

Burung Cucak Rumbai Tungging atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan puff-backed bulbul (Pycnonotus eutilotus) ini merupakan spesies burung pengicau dari keluarga cucak-cucak an atau Pycnonotidae family. Habitat asli burung ini terdapat di Asia Tenggara yang meliputi beberapa negara seperti Brunei, Indonesia, Malaysia, Burma, Singapura dan juga Thailand.
Suara Cucak Rumbai Tungging
img by http://orientalbirdimages.org/
Di Indonesia,spesies burung ini hanya dijumpai di Kalimantan dan Sumatera.Memiliki postur tubuh sedang dengan panjang sekitar (20 cm.), berwarna coklat dengan jambul. Tubuh bagian atas coklat,bagian bawah keputih-putihan, tersapu abu-abu, tungging kuning-tua. Sekilas mirip dengan Burung Kapas Tembak.

Kedua spesies burung yang terdapat di dua pulau di Indonesia memiliki sedikit perbedaan,untuk burung Ras Kalimantan memiliki jambul yang lebih pendek,sedangkan ras Sumatera memiliki warna tubuh bagian bawah lebih pucat.

Menurut salah seorang kicau mania yang pernah memelihara burung ini,ada satu keunikan tersendiri dari burung ini,yaitu ketika tidur posisi bagian belakangnya lebih tinggi dari pada kepala (nungging).Mungkin dari kebiasaan inilah nama burung ini berasal.

Untuk suara kicaun burung ini biasa saja,hanya berupa siulan nada tunggal yang diakhiri dengan nada menurun.Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.Audio suara Cucak Rumbai Tungging dibawah ini merupakan rekaman untuk spesies Cucak Rumbai Tungging yang terdapat di Malaysia,mungkin akan ada perbedaan nada suara kicaunya dengan spesies yang terdapat di Indonesia.
Suara Cucak Rumbai Tungging
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Cucak Rumbai Tungging"
Back To Top