Suara Kicau Burung Sikatan Hijau-laut

Burung sikatan hijau laut atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebzut dengan Verditer Flycatcher (Eumyias thalassina)-Swainson, 1838.Burung ini berukuran sekitar 16 cm.Warna bulunya didominasi warna biru kehijauan dan pada penutup ekor bagian bawahnya bersisik keputih-putihan. Pada burung jantan kekangnya berwarna hitam, sementara pada burung betina lebih suram,sama halnya dengan bulu tubuh burung betina yang berwarna lebih buram.
Suara Kicau Burung Sikatan Hijau-laut
img credited to http://www.indianaturewatch.net/
Burung muda berwarna coklat-keabu-abuan dengan sapuan kehijauan. Juga terdapat sisik dan bintik-bintik berwarna kuning-tua dan kehitaman. Iris coklat, paruh hitam, Kaki kehitaman. Mirip fase biru Philentoma sayap-merah, hanya dapat dibedakan oleh warna mata yang tidak merah. Mirip burung jantan Sikatan biru-muda dan Sikatan Ninon, dapat dibedakan oleh warna yang lebih hijau dan terdapat sisik keputih-putihan pada tungging yang abu-abu biru.

Suara Kicauan berirama, meski kurang parau dibandingkan dengan kicauan Sikatan biru-muda. Juga nada gemeretak keras yang khas.Berikut ini adalah suara burung sikatan hijau laut rekaman  hutan yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Suara Sikatan Hijau Laut
Suara Sikatan Hijau Laut v2
Suara Sikatan Hijau Laut v3
Informasi tentang burung sikatan hijau laut diatas dikutip dari situs kutilang.or.id dengan penambahan dari wikipedia dan sumber audio dikutip dari xeno-canto.org.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Kicau Burung Sikatan Hijau-laut"
Back To Top