3 Jenis Burung Sikatan Mancanegara Untuk Masteran

Burung sikatan merupakan jenis burung pengicau dari keluarga besar Muscicapidae yang masih berkerabat dengan Murai Batu dan Kacer. Di dalam kelompok burung dari family Muscicapidae terdapat beberapa genus yang di dalamnya masih terdapat banyak spesies maupun sub spesies yang berbeda-beda. Burung dari keluarga besar Muscicapidae memang dikenal memiliki suara yang bagus.

Ciri khas dari kelompok ini adalah burung pemakan serangga dan suka menggerakkan ekornya. Dalam pembahasan kali ini,kami akan membagikan beberapa file audio suara burung sikatan. Ada 3 jenis burung sikatan yang tidak dijumpai di Indonesia dan memiliki suara yang bagus,bisa untuk masteran burung peliharaan. Dari ketiga spesies ini merupakan jenis burung dari Genus: Ficedula yang masih satu genus dengan sikatan belang dan sikatan mugimaki yang dapat dijumpai di Indonesia.

Burung-burung yang kami bahas kali ini merupakan spesies burung sikatan yang habitat aslinya di Eropa. Burung-burung ini juga melakukan migrasi pada musim tertentu ke beberapa negara di Afrika dan juga Asia. Silahkan dengarkan saja audionya dibawah ini.

Burung sikatan yang pertama adalah European pied flycatcher (Ficedula hypoleuca). Burung ini pernah kami ulas pada artikel sebelumnya DI SINI.Burung ini memiliki warna bulu yang hampir mirip dengan Sikatan Belang atau Little pied flycatcher. Bedanya adalah jika Little pied flycatcher (sikatan belang) terdapat bulu warna putih yang terdapat di atas mata yang membentuk garis besar atau terlihat seperti alis. Sedangkan European pied flycatcher warna bulu putih yang terdapat di bagian atas kepalanya hanya tumbuh di depan sedikit seperti foto dibawah ini.
3 Jenis Burung Sikatan Mancanegara Untuk Masteran

Suara burung ini lumayan bagus dengan sedikit vareasi lagu yang diulang-ulang. Berikut ada 4 audio untuk suara burung European Pied Flycatcher yang dapat kalian unduh dibawah ini.
  1. Suara European Pied Flycatcher
  2. Suara European Pied Flycatcher v2
  3. Suara European Pied Flycatcher v3
  4. Suara European Pied Flycatcher v4
Burung sikatan yang kedua adalah red-breasted flycatcher (Ficedula parva). Burung ini memiliki ukuran tubuh kecil,yaitu antara 11-12cm panjang yang memiliki habitat dan berkembangbiak di Eropa dan Asia Tengah namun juga kerap bermigrasi ketika musim dingin hingga ke wilayah Asia Selatan. Burung ini memiliki warna dominan abu-abu kecoklatan dengan bagian tenggorokannya berwarna merah muda dan bagian bawah tubuhnya putih keabu-abuan seperti gambar dibawah. Suara burung ini melengking dengan nada yang terdengar seperti kata chip-chip-chr-rrr yang diulang-ulang.
3 Jenis Burung Sikatan Mancanegara Untuk Masteran

Berikut ada 2 file audio suara burung red breasted flycatcher.
  1. Suara Red Breasted Flycatcher
  2. Suara Red Breasted Flycatcher v2
Sedangkan untuk jenis burung sikatan yang ketiga adalah taiga flycatcher atau red-throated flycatcher (Ficedula albicilla). Burung ini juga spesies burung sikatan yang berkembang biak di Benua Eropa,namun memiliki wilayah migrasi yang cukup luas hingga ke Asia Tenggara seperti Kamboja Laos, Myanmar, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Belum ada catatan burung ini di Indonesia.
3 Jenis Burung Sikatan Mancanegara Untuk Masteran

Warna bulu burung ini mirip dengan Red breasted flycatcher dengan tenggorokan berwarna merah muda dan akan lebih cerah warna bulunya ketika musim berkembang biak. Untuk suara burung ini juga hampir sama dengan susunan vareasi lagu kicauan yang sedikit dengan cara diulang-ulang. Silahkan download suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Taiga Flycatcher
  2. Suara Taiga Flycatcher v2
Semoga bermanfaat dan salam kicaumania. Bagi yang mau berbagi pengalaman atau riview apapun tentang dunia burung kami siap membantu mempublikasikan artikel kalian di situs ini. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang disediakan.
Back To Top