9 Koleksi Suara Burung Pleci Ngalas Ngerol

Burung pleci memang salah satu jenis burung pengicau yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya. Tidak cuma di Indonesia,pecinta burung pleci (pleci mania) juga banyak di Vietnam. Burung mungil dengan warna dominan kuning ini memiliki kemampuan berkicau yang cukup bagus sehingga tidak heran jika burung ini dimasukkan sebagai burung lomba dalam ajang kicau mania tanah air. Selain suaranya yang khas dengan nada yang melengking,burung ini juga pandai dalam menirukan suara burung lain.
 Suara Burung Pleci Ngalas Ngerol

Ada tahapan-tahapan tentang suara burung pleci,yaitu ngeriwik,ngalas,ngerol dan ngeplong. Adapun istilah tentang tahapan tersebut adalah sebagai berikut yang kami kutip dari komunitas BURUNG PLECI / KACAMATA / MATA PUTEH / ZOSTEROPS.

-Ngriwik adalah tahapan mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Lagu yang di replay burung umumnya berasal dari pemasteran alami atau buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Fase ini biasanya digunakan burung sebagai kesempatan untuk belajar meng-aransemen lagu dengan baik dan harmonis.

-Ngalas adalah istilah untuk kemampuan burung Pleci melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya Ngalas adalah suara ngerol asli pleci terdiri dari suara ciw yang rapat disambung-sambung dalam tempo yang cepat, nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang/ropel/roll Sedangkan istilah

-Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1. Istilah ngeroll diterapkan pada pleci yang mampu melagukan kicauan panjang tanpa terputus-putus. Biasanya pleci ngeroll pada saat dia melagukan macam-macam lagu isian. Ngeroll pada pleci juga ada beberapa type,yaitu:
  1. Pleci cuma ngriwis tanpa buka paruh (middle tone) tanpa teler (kepala mendongak ke atas).
  2. Pleci cuma ngriwis tanpa buka paruh (middle tone) dengan teler (kepala nunduk sambil gerak kanan kiri).
  3. Pleci ada yang ngeroll dengan buka paruh (Ngeplong/buka) dengan volume lebih kenceng.
Ngeroll dengan buka paruh (Ngeplong/Buka) juga ada yang beberapa type. untuk contoh
  1. Pleci ngeroll ngeplong dengan lagu ngalas diulang sampai beberapa kali.
  2. Pleci ngeroll ngeplong dengan lagu isian macam-macam dengan durasi yang panjang.
  3. Pleci ngeroll mangap (paruh tanpa dikatupkan terus ngeroll) dengan lagu ngalas panjang.
3 type ngerol dengan buka paruh diatas yang banyak dicari pemain pleci, apalagi ditambahi karakter pleci yang figther.

-Yang terakhir adalah Ngeplong, istilah untuk burung yang berkicau dengan lantang dan keras dengan volume suara yang relatif besar. Burung pleci yang sudah ngeplong ngalas kadangkala dia juga mau ngriwik jika kondisinya enjoy. Ketika ngriwik inilah akan terlihat nyanyian isian-isian yang bisa dia respon saat dari muda.Nah, kalau selama mudanya tidak pernah merespon suara-suara burung lain maka ngriwiknya dan ngalas nya sama dengan ketika dia bunyi ngalas saat ngeplong.

Berikut adalah tambahan koleksi mp3 suara burung pleci ngalas,ngerol,ngeplong yang kami campur dengan jumlah file audio sebanyak 9. Silahkan pilih salah satu atau download semuanya suara pleci dibawah ini yang bisa kalian gunakan untuk memancing suara burung pleci peliharaan dirumah.
  1. Suara Pleci Ngalas
  2. Suara Pleci Ngalas V2
  3. Suara Pleci Ngalas V3
  4. Suara Pleci Ngalas V4
  5. Suara Pleci Ngalas V5
  6. Suara Pleci Ngalas V6
  7. Suara Pleci Ngalas V7
  8. Suara Pleci Ngalas V8
  9. Suara Pleci Ngalas V9
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "9 Koleksi Suara Burung Pleci Ngalas Ngerol"
Back To Top