Burung Cucak Pantai,Dengarkan Juga Suara Kicaunya

Burung cucak pantai atau cucak pantai papua adalah sebuah istilah penyebutan lokal di tanah-air untuk spesies burung Isap-madu Kepodang atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Varied Honeyeater (Lichenostomus versicolor) -Gould, 1843. Burung ini berukuran agak besar dengan panjang tubuhnya sekitar 21 cm. Berwarna coklat zaitun muda dan bertopeng hitam.
Burung Cucak Pantai,dengarkan juga suara kicaunya

Tubuh bagian bawah bercoret halus dan telinga berbercak dua warna. Populasi di pesisir utara Papua mirip tipe virescens sementara populasi bagian selatan paling mirip tipe versicoloi. Suara kicaunya berupa rangkaian nada campur-aduk keras, mengalir, meratap, nada menaik dan menurun. Berirama dan riang, sering dinyanyikan berduet. Mengingatkan pada kicauan Isap-madu leher-hitam pegunungan, tetapi lebih kompleks.

Berikut ada 4 audio suara burung cucak pantai,namun untuk audio suara burung dibawah ini bukan merupakan suara rekaman asli hutan,melainkan adalah suara burung yang sudah dipelihara.Silahkan download dan dengarkan suara kicauunya dibawah ini.
Persebaran dan Ras Terpencar di sepanjang pesisir P. Papua. Umum di Wewak, Jayapura, Vanimo, dan Madang. Terdiri dari 2 sub-spesies:
  1. sonoroides (G. R. Gray, 1862) – kepulauan di Papua Barat(Waigeo, Batanta, Salawati, Schildpad, Misool), juga terpencar di pesisir utara Papua dari Daerah Kepala Burung sampai Teluk Milne, P. Yapen, P. Fergusson (Kep. D’Entrecasteaux) dan pulau-pulau di tenggara Papua (termasuk Killerton, Samarai and Doini).
  2. versicolor (Gould, 1843) – pesisir selatan Papua dari Merauke (termasuk pulau-pulau kecil lepas pantai) setidaknya sampai Port Moresby; kepulauan di Terusan Torres (Boigu, Saibai, Daru, Yam and Possession); dan Australia timur-laut.
Tempat hidup dan kebiasaan Burung ini umum dijumpai di kota-kota kecil pesisir utara. Lebih menyukai habitat hutan mangrove, semak pesisir, kebun-kebun, khususnya di pulau-pulau kecil lepas pantai, secara lokal di daratan utama. Aktif tetapi pemalu, bersuara sangat nyaring, mencolok, dan merdu. Sering bersembunyi di dedaunan pohon kelapa.(KUTILANG.OR.ID)
0 Komentar untuk "Burung Cucak Pantai,Dengarkan Juga Suara Kicaunya"
Back To Top