Burung Kancilan Karat

Burung kancilan karat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan rusty whistler (Pachycephala hyperythra) ini adalah spesies burung dari keluarga Pachycephalidae. Burung ini hanya terdapat di Indonesia (khususnya bagian timur) dan Papua Nugini. Habitat alaminya berada di hutan tropis dan subtropis.
Burung ini memiliki ukuran sedang,yaitu sekitar 15 cm.Warna bulu burung ini bervariasi dan memiliki perbedaan berdasarkan wilayah penyebarannya atau secara geografis.
Burung Kancilan Karat

Di wilayah tenggara memiliki tubuh bagian bawah sawo-matang kusam, di utara dan barat memiliki tubuh bagian bawah merah-karat cerah. Ciri khas dari burung ini adalah warna tenggorokan keputih-putihan (atau abu-abu pucat) dengan bagian mahkota abu-abu bersih, dan punggung coklat.

Tampilan fisiknya mirip dengan Burung Kancilan kelabu, bedanya terdapat pada warna  mahkota dan pada burung Kancilan kelabu terdapat alis putih. Juga mirip Anis-bentet kecil, bedannya pada Anis-bentet kecil tidak terdapat warna putih bersih di tenggorokan yang kontras dengan tubuh bagian bawah yang berwarna bungalan.

Suara burung ini terdengar mengalun merdu berirama dan memiliki variasi paling banyak dibandingkan semua jenis burung Kancilan. Kicauan yang umum di antara Kancilan, dimulai dengan satu sampai delapan nada jernih, lemah, seperti lonceng atau siulan dengan nada yang semakin meninggi dan berakhir dengan suara keras, biasanya dengan suara “whik! Whik!”.Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Burung Kancilan Karat
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung Kancilan Karat"
Back To Top