Burung Pijantung Kalimantan

Pijantung Kalimantan atau cucak jantung kalimantan yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Bornean spiderhunter (Arachnothera everetti) ini adalah spesies burung dalam keluarga Nectariniidae. Nama ilmiah burung ini diambil dari administrator kolonial dan kolektor zoologi dari Inggris yaitu Alfred Hart Everett.

Burung ini merupakan spesies burung pijantung yang habitatnya terbatas hanya di kawasan Borneo,akan tetapi juga ada sub-spesies yang juga ditemukan di Pulau Jawa seperti yang tertulis pada situs hbw.com.
Burung Pijantung Kalimantan
http://horukuru.blogspot.co.id/

Secara umum,burung ini dapat ditemukan di Brunei, Indonesia, dan Malaysia. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah subtropis atau tropis dan pegunungan lembap tropis atau subtropis.Spesies ini dibagi menjadi 2 sub spesies dengan wilayah penyebaran yang berbeda,yaitu:
  • A. a. everetti (Sharpe, 1893) – Borneo.
  • A. a. affinis (Horsfield, 1821) – Jawa dan Bali.
Tampilan fisik burung ini hampir sama dengan Pijantung Gunung namun memiliki warna yang lebih tegas. Suara burung ini juga hampir sama dengan suara burung pijantung pada umumnya yang terdiri dari beberapa vareasi suara kicauan dan sering terdengar monoton.

Suara crecetan burung ini juga tajam dan agak kasar,berikut kami ada 1 file audio suara burung pijantung kalimantan yang bisa kalian unduh melalui link dibawah ini.
Burung ini merupakan jenis burung yang dalam dunia ekosistem sangat berperan dalam penyerbukan tanaman,jadi sebaiknya jangan memelihara spesies burung jenis Nectariniidae agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga khususnya dalam membantu penyerbukan.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung Pijantung Kalimantan"
Back To Top