Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara

Burung ciblek atau ada yang menyamakan penyebutannya dengan Prenjak ini merupakan spesies burung pengicau yang memiliki banyak jenis yang tersebar di berbagai negara. Klasifikasi dalam bahasa Ilmiahnya,burung ciblek termasuk dalam keluarga Cisticolidae dan dikelompokkan kedalam Genus: Prinia. Cisticolidae diartikan sebagai burung perajut yang dalam membuat sarangnya dengan merajut dedaunan atau menempelkan sarangnya diantara daun pohon dengan cara dirajut. Anda bisa memperhatikan sarang burung jenis ini,jika diperhatikan memang seperti dirajut dengan benang untuk menempelkannya.

Burung dari keluarga Cisticolidae yang lainnya adalah Burung Prenjak atau Tailorbird dan juga Burung Cici Padi. Diantara banyak spesies dan ras burung ini kebanyakannya memiliki vareasi lagu kicauan yang mirip-mirip. Umumnya terdiri dari 2 atau 3 vareasi kicauan atau lebih yang dinyanyikan secara monoton dan dengan suara yang keras.

Berikut ada 5 spesies burung ciblek (prinia) yang habitat aslinya terdapat di luar negeri. Disini saya hanya mendeskripsikan tentang nama spesies dan wilayah penyebarannya serta suara kicaunya dengan vareasi yang berbeda-beda dari setiap spesies. Silahkan kalian pilah-pilah,yang pasti semua audio dari yang kami publikasikan ini sudah kami edit sehingga tidak terlalu bising meskipun hasil rekaman hutan.

1- Ashy prinia atau ashy wren-warbler (Prinia socialis), spesies burung ini berkembang biak di kawasan Indian Subcontinent yang meliputi India, Nepal , Bangladesh, Bhutan, Sri Lanka dan sebelah barat Myanmar.
Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara
2- Rufescent prinia (Prinia rufescens) ,spesies ini pernah kami bahas dengan nama Ciblek Belukar. Penyebaran burung ini terdapat di Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand dan juga Vietnam.
Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara
3- Karoo prinia atau spotted prinia (Prinia maculosa) adalah spesies burung Endemik Afrika yang berkembang biak di kawasan Namibia, Afrika Selatan, Lesotho dan Swaziland.
Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara
4- Jungle prinia (Prinia sylvatica),burung ciblek yang satu ini merupakan spesies burung Endemik di Sri lanka.
Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara
5- Grey-breasted prinia atau yang juga dikenal dengan Franklin's prinia (Prinia hodgsonii). Species burung ini dapat dijumpai di India, Pakistan, Burma, Vietnam, Sri Lanka dan Yunnan (China).
Dengarkan Suara Burung 5 Jenis Ciblek Mancanegara
Sumber audio suara burung diatas kami kutip dari situs rekaman burung Internasional yaitu xeno-canto. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top